Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Diafisis – Diare)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Diafisis – Diare) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dermis – Diabetes Tipe 2). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Diafisis - Diare)

– Pengertian Diafisis
Definisi Diafisis adalah
bagian tengah (poros) dari sebuah tulang panjang yang tersusun dari tulang kortikal dan biasanya berisis sumsum tulang dan jaringan adiposa.

– Pengertian Diaforesis
Definisi Diaforesis adalah
keringat, terutama keringat berlebihan.

– Pengertian Diafragma
Definisi Diafragma adalah
 otot utama yang digunakan untuk respirasi, yang terletak tepat di bawah dasar paru-paru. Alat kontrasepsi yang berbentuk kubah tipis yang fleksibel, biasanya terbuat dari karet, yang dirancang untuk menutupi leher rahim untuk mencegah masuknya sperma selama hubungan seksual.

– Pengertian Diafragma 2
Definisi Diafragma 2 adalah
metode kontrasepsi perempuan berbentuk sebuah kantung karet dengan pelek fleksibel yang dipasang di vag1na di belakang tulang kemaluan. Diafragma menghalangi sperma mencapai rahim. Diafragma harus dimasukkan oleh dokter kandungan.

– Pengertian Diagnosa
Definisi Diagnosa
Lihat diagnosis.

– Pengertian Diagnosis
Definisi Diagnosis adalah
identifikasi sifat-sifat penyakit atau kondisi atau membedakan satu penyakit atau kondisi dari yang lainnya. Penilaian dapat dilakukan melalui pemeriksaan fisik, tes laboratorium, atau sejenisnya, dan dapat dibantu oleh program komputer yang dirancang untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan.

– Pengertian Diuretik
Definisi Diuretik yaitu
Defek atau cacat adalah kekurangan fisik atau mental yang mengganggu atau mencegah kerja normal fungsi tertentu.

– Diagnosis Banding
Definisi Diagnosis banding adalah
penentuan yang mana dari dua atau lebih penyakit atau kondisi yang dimiliki pasien, dengan sistematis membandingkan dan mengkontraskan temuan klinis atasnya. Disebut juga diferensial diagnosis.

– Pengertian Dialisis
Definisi Dialisis adalah
metode untuk menyaring limbah dari darah yang menggantikan fungsi ginjal yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.Dua jenis dialisis adalah hemodialisis dan dialisis peritoneal.

– Pengertian Dialisis Peritoneal
Definisi Dialisis peritoneal adalah
cara untuk mengeluarkan produk sampah dari darah ketika ginjal tidak bisa lagi melakukan pekerjaan secara memadai (kondisi yang disebut gagal ginjal atau insufisiensi ginjal). Selama dialisis peritoneal, pembuluh darah pada lapisan perut (peritoneum) menggantikan ginjal Anda, dengan bantuan cairan (dialisat) yang mengalir masuk dan keluar dari rongga peritoneal..Dialisis peritoneal berbeda dari hemodialisis, prosedur penyaringan darah yang lebih umum digunakan. Dengan dialisis peritoneal, Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah, di tempat kerja atau saat bepergian. Anda mungkin dapat menggunakan lebih sedikit obat dan makan diet yang lebih longgar daripada dengan hemodialisis. Ada dua jenis utama dialisis peritoneal: dialisis peritoneal rawat jalan berkelanjutan dan dialisis peritoneal siklis berkelanjutan.

– Pengertian Dialisis Peritoneal Rawat Jalan Berkelanjutan
Definisi Dialisis peritoneal rawat jalan berkelanjutan (CAPD) adalah
jenis dialisis peritoneal yang paling umum dan tidak memerlukan mesin. Dengan CAPD, darah terus-menerus dibersihkan. Larutan dialisat dialirkan dari kantong plastik melalui kateter dan masuk ke perut. Larutan tetap berada di perut dengan kateter tersegel. Setelah beberapa jam, larutan dialisat mengalir kembali ke dalam kantong sekali pakai. Kemudian perut diisi ulang dengan larutan dialisat segar melalui kateter yang sama, untuk memulai proses pembersihan berikutnya.

– Pengertian Dialisis Peritoneal Siklis Berkelanjutan
Definisi Dialisis peritoneal siklis berkelanjutan (CCPD) adalah
bentuk dialisis peritoneal yang menggunakan mesin. Mesin ini secara otomatis mengisi dan mengalirkan larutan dialisat ke dan dari perut. Di malam hari saat tidur, pertukaran dilakukan 3-4 kali. Pada siang hari, pengguna CCPD melakukan satu pertukaran.

– Pengertian Dialyzer
Definisi Dialyzer adalah
satu bagian dari mesin hemodialisis. Dialyzer memiliki dua bagian yang dipisahkan oleh membran. Satu bagian berisi larutan dialisis, yang lain berisi darah pasien.

– Pengertian Diapedesis
Definisi Diapedesis adalah
bagian dari leukosit (sel darah putih) yang melalui dinding kapiler ke situs peradangan.

– Pengertian Diare
Definisi Diare adalah
peningkatan frekuensi buang air besar dibandingkan dengan normal, atau buang air besar lebih encer dari biasanya. Penyebab meliputi infeksi sistem pencernaan, obat-obatan seperti antibiotik, malabsorpsi, dan sindrom iritasi usus besar.

To top