Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dekongestan – Demensia Vaskuler)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dekongestan – Demensia Vaskuler) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Defisiensi IGF-1 – Dekompresi Mikrovaskuler). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dekongestan - Demensia Vaskuler)

– Pengertian Dekongestan
Definisi Dekongestan adalah
obat yang menyusutkan selaput hidung yang membengkak dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas. Dekongestan dapat diambil secara oral atau dengan semprot hidung. Dekongestan tidak boleh digunakan oleh pasien dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) kecuali di bawah pengawasan dokter.

– Pengertian Dekontaminasi
Definisi Dekontaminasi adalah
proses atau penanganan untuk membuat perangkat, medis, atau permukaan lingkungan medis menjadi aman digunakan.

– Pengertian Dekstralitas
Definisi Dekstralitas (dextrality) adalah
preferensi untuk menggunakan sebelah kanan dari pasangan anggota badan (kaki, tangan, mata, dll) dalam gerakan motorik sukarela.

– Pengertian Dekstrokardia
Definisi Dekstrokardia (dextrocardia) adalah
jantung yang “terbalik,” sehingga struktur yang biasanya di sisi kanan dada berada di sebelah kiri, dan sebaliknya. Namun, arteri dan vena dapat terhubung dengan benar. Kondisi ini terjadi karena kelainan dalam pengembangan jantung selama kehamilan.

– Pengertian Dekstrometorfan
Definisi Dekstrometorfan adalah
obat yang secara kimiawi mirip dengan kodein dan bertindak pada otak untuk menekan batuk, namun tidak memiliki sifat menghilangkan rasa sakit dan adiktif kodein.

– Pengertian Delirium
Definisi Delirium (mengigau) adalah
gangguan fungsi otak yang menyebabkan kebingungan dan perubahan dalam kewaspadaan, perhatian, pikiran dan penalaran, ingatan, emosi, pola tidur dan koordinasi. Gejala-gejalanya dapat dimulai tiba-tiba dan disebabkan beberapa jenis masalah medis.

– Pengertian Delusi
Definisi Delusi adalah
kesalahpahaman seseorang yang serius tentang apa yang terjadi. Dengan kata lain, kesalahpahaman tentang apa yang mereka lihat, dengar, atau pikir. Orang yang delusi sangat memegang keyakinan yang tidak rasional dan tidak realistis yang sangat sulit untuk berubah, bahkan ketika orang itu dihadapkan pada bukti yang bertentangan dengan khayalannya. Orang awam biasanya menganggap delusi sebagai “paranoid” di mana orang yang delusi merasa curiga berlebihan dan terus-menerus terhadap konspirator yang “akan mencelakainya”…Namun, delusi juga bisa menyangkut keyakinan akan kemegahan, fantasi cinta yang rumit (delusi erotomanik), atau kecemburuan ekstrim dan irasional. Ada beberapa tema umum delusi: persekusi, referensial, ide keagamaan, dan ide kemegahan. Psikiater mengakui bahwa kadang-kadang sulit untuk membedakan keyakinan yang dipegang teguh dengan delusi.

– Pengertian Delusi Kemegahan
Definisi Delusi kemegahan (grandiose delusion) adalah
sebuah penilaian yang berlebihan atas diri, kekuasaan, pengetahuan, identitas, atau hubungan khusus dengan seorang penguasa atau orang terkenal. Orang dengan delusi kemegahan memiliki keyakinan irasional yang membesar-besarkan betapa pentingnya dirinya, seperti percaya diri untuk menjadi orang terkenal, atau merasa telah menjadi orang penting seperti Perdana Menteri atau Presiden. Seringkali delusi kemegahan mengambil bentuk yang berbau agama, misalnya, seseorang mungkin yakin bahwa dirinya adalah wali atau nabi utusan Tuhan.

– Pengertian Delusi Nihilistik
Definisi Delusi nihilistik adalah
khayalan mengenai ketiadaan diri atau bagian dari diri, atau beberapa objek dalam realitas eksternal.

– Pengertian Demam
Definisi Demam (juga disebut pireksia) adalah
suhu abnormal tubuh. Demam umumnya menunjukkan bahwa ada proses abnormal yang terjadi dalam tubuh…Demam secara teknis didefinisikan sebagai suhu tubuh di atas normal 37 derajat Celcius. Dalam prakteknya, seseorang biasanya tidak dianggap memiliki demam yang signifikan hingga suhunya di atas 38 derajat C.

– Pengertian Demam Berdarah
Definisi Demam berdarah adalah
infeksi virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes. Gejalanya termasuk sakit kepala, demam, nyeri sendi, dan ruam. Penyakit ini bisa berakibat fatal jika pasien mengalami syok. Demam berdarah terutama berjangkit di daerah tropis Asia, Pasifik, dan Amerika. Puncak kegiatan nyamuk ini adalah setelah fajar menyingsing dan di sore hari. Mengenakan pakaian pelindung yang menutupi sebagian besar tubuh, lengan, dan kaki, dan menggunakan lotion antinyamuk dapat mencegah penyakit. Pemberantasan nyamuk dengan insektisida adalah tindakan pencegahan terbaik.

– Pengertian Demam Paratifoid
Definisi Demam paratifoid atau penyakit paratifus adalah
infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella paratyphi. Demam ini ditandai dengan onset mendadak dan berkelanjutan, malaise, sakit kepala, anoreksia, pembesaran limpa, bradikardia, dan mungkin disertai bintik-bintik pada tubuh. Sembelit lebih sering terjadi daripada diare pada orang dewasa dengan potensi komplikasi meliputi perforasi/ perdarahan/ ulserasi usus. Penyakit ini secara klinis mirip dengan demam tifoid namun lebih ringan, dengan tingkat kematian lebih rendah…Demam paratifoid ditularkan melalui kontak langsung atau tidak langsung dengan feses atau makanan yang terkontaminasi Salmonella paratyphi oleh tangan seorang karier atau lalat vektor. Masa inkubasinya adalah 1 sampai 3 minggu.

– Pengertian Demam Rematik
Definisi Demam rematik atau demam rematik akut adalah
penyakit autoimun yang mungkin terjadi setelah infeksi tenggorokan streptokokus grup A. Penyakit ini ditandai dengan artritis pada beberapa sendi (poliartritis), peradangan jantung (karditis), nodul di bawah kulit, korea, ruam kulit (eritema marginatum) dan demam.

– Pengertian Demam Tifoid
Definisi Demam tifoid, disebut tifus abdominalis, adalah
penyakit demam menular dengan gejala berat pada sistem pencernaan dalam tahap kedua penyakit. Penyakit ini berlangsung beberapa minggu dan pemulihan membutuhkan waktu lama…Demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi enteritica serovar/ Salmonella typhi yang menular dari manusia ke manusia melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi. Ketika bakteri melewati bagian bawah usus besar, mereka menembus melalui mukosa usus ke jaringan di bawahnya. Jika sistem kekebalan tubuh tidak dapat menghentikan infeksi di sini, bakteri akan berkembang biak dan kemudian menyebar ke aliran darah, setelah itu tanda-tanda pertama dari penyakit diamati dalam bentuk demam. Bakteri kemudian menembus lebih lanjut ke sumsum tulang, hati dan empedu, dari mana bakteri diekskresikan ke dalam isi usus. Pada tahap kedua penyakit, bakteri menembus jaringan kekebalan tubuh dari usus kecil, dan gejala kerusakan usus kecil dimulai. Demam paratifoid disebabkan oleh Salmonella paratyphi, penyakit yang mirip dan umumnya lebih ringan.

– Pengertian Demensia
Definisi Demensia (dementia)
bukanlah penyakit tersendiri, tetapi sekelompok gejala yang mencirikan penyakit dan kondisi. Demensia umumnya didefinisikan sebagai penurunan mental progresif, terutama fungsi memori dan penilaian, yang seringkali disertai dengan disorientasi, linglung, dan disintegrasi kepribadian. Demensia mungkin disebabkan oleh penyakit metabolik tertentu, intoksikasi obat, atau cedera, di mana kasusnya sering reversibel setelah penyebab yang mendasari diobati. Namun, jika disebabkan oleh suatu penyakit seperti penyakit Alzheimer, cedera otak, atau degenerasi karena penuaan (pikun), perubahan yang terjadi adalah ireversibel.

– Pengertian Demensia Vaskuler
Definisi Demensia vaskuler adalah
demensia akibat penyakit serebrovaskuler. Biasanya, demensia vaskuler disebabkan oleh beberapa stroke ringan dari waktu ke waktu, bukan satu stroke besar (Sehingga kadang-kadang juga disebut sebagai demensia multi-infark (multi-infark dementia/ MID).Jika demensia vaskuler disebabkan oleh satu stroke besar, atau berkembang dalam waktu kurang dari tiga bulan, maka disebut demensia veskuler onset akut, sebuah kondisi yang jarang terjadi…Penderita demensia vaskuler umumnya mengalami penurunan proses berpikir (fungsi kognitif), masalah memori, kesulitan mengidentifikasi objek, berbicara dan memahami pembicaraan dan kegiatan motorik.

To top