Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Creatinine Clearance – Cytomegalovirus)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Creatinine Clearance – Cytomegalovirus) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (CMV – Cradle Cap). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Creatinine Clearance - Cytomegalovirus)

– Pengertian Creatinine Clearance
Definisi Creatinine clearance adalah
sebuah tes yang mengukur seberapa efisien ginjal membuang limbah kreatinin dan lainnya dari darah. Creatinine clearance yang rendah menunjukkan fungsi ginjal terganggu.

– Pengertian Cross Dressing
Definisi Cross dressing adalah
praktik mengenakan pakaian dari lawan jenis, biasanya untuk kepuasan seksual atau emosional.

– Pengertian Crossbite
Definisi Crossbite adalah
ketika satu atau lebih gigi atas menggigit di bagian dalam gigi bawah. Koreksi dini crossbite dianjurkan. Crossbite harus diperbaiki karena dapat:
> menyebabkan keausan dini pada gigi.
> menyebabkan penyakit gusi termasuk keropos tulang.
> menyebabkan pengembangan asimetris rahang.
> menyebabkan pola mengunyah disfungsional.
> membuat senyum Anda kurang menarik.

– Pengertian Crowding
Definisi Crowding (gigi berjejalan) adalah
kurangnya ruang untuk semua gigi agar berjajar teratur dalam rahang. Gigi dapat salah arah atau pindah posisi. Crowding terjadi ketika ada ketidaksesuaian gigi-geligi dengan ukuran rahang atau ketika gigi-gigi lebih besar dari ruang yang tersedia di rahang. Crowding mungkin disebabkan oleh gigi susu yang tanggal terlalu awal atau terlambat, pertumbuhan gigi yang tidak benar dan penyebab lain.

– Pengertian Crowning
Definisi Crowning (permahkotaan) adalah
ketika kepala bayi muncul pada pembukaan vagina, tak lama sebelum persalinan.

– Pengertian Cryosurgery
Definisi Cryosurgery adalah
teknik operasi yang menggunakan nitrogen cair untuk membekukan kulit.

– Pengertian C-Terminus
Definisi C-terminus (c-terminal) adalah
sinonim untuk terminal karboksi. Akhir dari sebuah polipeptida yang membawa kelompok karboksil bebas (COOH). Asam amino yang terakhir dalam suatu peptida atau protein disebut asam amino terminal karboksi atau C-terminal.

– Pengertian CT-Scan
Definisi CT-scan atau CT-scanner (computerized tomography scanner) adalah
mesin sinar-x khusus yang mengirimkan berbagai berkas pencintraan secara bersamaan dari sudut yang berbeda. Berkas-berkas sinar-X melewati tubuh dan kekuatannya diukur dengan algoritma khusus untuk pencitraan. Berkas yang telah melewati jaringan kurang padat seperti paru-paru akan menjadi lebih kuat, sedangkan berkas yang telah melewati jaringan padat seperti tulang akan lemah. Sebuah komputer dapat menggunakan informasi ini untuk menampilkan sebagai gambar dua dimensi pada monitor…CT scan jauh lebih rinci daripada sinar-X biasa. Informasi dari gambar dua dimensi oleh komputer dapat direkonstruksi untuk menghasilkan gambar tiga dimensi pada beberapa CT scanner generasi baru. Gambar virtual ini dapat digunakan sebagai panduan dokter bedah selama operasi. CT scan memungkinkan dokter untuk memeriksa bagian dalam tubuh tanpa harus mengoperasi atau melakukan pemeriksaan yang tidak menyenangkan. CT scan juga terbukti sangat bermanfaat dalam penentuan tumor dan perencanaan pengobatan dengan radioterapi. Teknik CT scan dikembangkan oleh Sir Godfrey Hounsfield dari Inggris, yang dianugerahi Hadiah Nobel untuk karyanya. CT scanner pada awalnya dirancang untuk mengambil gambar dari otak. Sekarang dengan teknologi yang jauh lebih maju, CT scanner digunakan untuk mengambil gambar pada hampir semua bagian tubuh. Pemindai ini sangat baik pada pengujian untuk perdarahan di otak, untuk aneurisma (ketika dinding arteri membengkak), tumor otak dan kerusakan otak, tumor, abses di seluruh bagian tubuh, penyakit paru-paru, luka dalam di limpa, ginjal atau hati, atau cedera tulang, terutama tulang belakang.

– Pengertian Cul de Sac
Definisi Cul de sac adalah
rongga seperti kantong di bagian bawah pinggul, di bawah tuba falopi dan ovarium. Jika ada kista ovarium atau massa apapun yang pecah maka cairan biasanya terlihat di daerah ini.

– Pengertian Cunnilingus
Definisi Cunnilingus adalah
stimulasi oral pada alat kelamin perempuan untuk kenikmatan seksual.

– Pengertian Cytomegalovirus
Definisi Cytomegalovirus (CMV) adalah
salah satu jenis virus herpes yang menyebabkan pembesaran sel dan pembentukan badan inklusi eosinofilik, terutama dalam inti sel. Virus ini ditularkan melalui kontak seksual atau paparan cairan tubuh yang terinfeksi. Kadang-kadang menghasilkan gejala seperti mononukleosis pada orang dewasa sehat, namun bertindak sebagai agen infeksi oportunistik dalam kondisi imunosupresif (seperti AIDS).

loading...

Comments are closed.