Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Chikungunya – Clubfoot)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Chikungunya – Clubfoot) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Carrier – Chicken Pox). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Chikungunya - Clubfoot)

– Pengertian Chikungunya
Definisi Chikungunya adalah
penyakit virus yang ditularkan melalui gigitan gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, dua spesies yang juga dapat menyebarkan virus demam berdarah. Virus ini pertama kali teridentifikasi selama wabah di Tanzania selatan pada tahun 1952. Nama ‘chikungunya’ berasal dari kata dalam bahasa Kimakonde, yang berarti “membikin bungkuk” yang menggambarkan penampilan bungkuk penderitanya yang mengalami nyeri sendi…Chikungunya ditandai dengan demam mendadak yang sering disertai dengan nyeri sendi. Tanda-tanda umum dan gejala lain termasuk sakit otot, sakit kepala, mual, kelelahan dan ruam. Rasa sakit sendi seringkali sangat melemahkan, tetapi biasanya berakhir dalam beberapa hari atau minggu. Kebanyakan pasien sembuh sepenuhnya, namun dalam beberapa kasus nyeri sendi dapat bertahan selama beberapa bulan, atau bahkan tahun.

– Pengertian Children’s Apperception Test
Definisi Children’s Apperception Test (CAT) adalah
tes kepribadian individual proyektif untuk anak usia tiga sampai 10 tahun. CAT dimaksudkan untuk mengukur sifat-sifat kepribadian, sikap, dan proses psikodinamik nyata pada anak-anak sebelum pubertas. Dengan menampilkan serangkaian gambar dan meminta anak untuk menggambarkan situasi dan mengarang cerita tentang orang-orang atau hewan dalam gambar, penguji dapat mendapatkan informasi mengenai anak tersebut…CAT awalnya dikembangkan untuk menilai konflik psikoseksual yang terkait dengan tahap tertentu dari perkembangan anak. Contoh konflik ini termasuk masalah hubungan, persaingan antar saudara, dan agresi. Saat ini, CAT lebih sering digunakan sebagai teknik penilaian dalam evaluasi klinis. Diagnosis klinis dapat sebagian didasarkan pada CAT.

– Pengertian Chimera
Definisi Chimera adalah
sebuah organisme yang terdiri dari dua jenis sel yang berbeda genetik dari spesies yang sama atau berbeda. Meskipun saat ini jarang digunakan sebagai istilah deskriptif, penerima transplantasi klinis pernah disebut sebagai “chimeric,” karena mengikuti terapi penerima, tubuhnya mengandung sel-sel dari dua individu yang berbeda: sel-sel sendiri dan yang disumbangkan padanya untuk terapi. Embrio juga dapat menjadi chimera ketika sel-sel digabungkan pada tahap awal perkembangan. Sebuah chimera tidak sama dengan hibrida.

– Pengertian Chiropractic
Definisi Chiropractic (siropraktik) adalah
suatu bentuk terapi manual yang berfokus pada hubungan antara struktur dan fungsi, khususnya pada tulang belakang. Chiropractor melakukan manipulasi terhadap sistem muskuloskeletal untuk mengurangi rasa sakit dan mendorong tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

– Pengertian Chlordiazepoxide
Definisi Chlordiazepoxide adalah
anggota dari keluarga senyawa benzodiazepine, yang memperlambat sistem saraf pusat untuk meredakan ketegangan atau kecemasan.

– Pengertian Cimetidine
Definisi Cimetidine adalah
jenis antihistamin yang menghalangi pelepasan asam lambung. Obat dengan rumus kimia C10H16N6S ini digunakan untuk mengobati tukak lambung dan duodenum. Cimetidine tersedia dalam bentuk cair dan tablet oral.

– Pengertian Cisterna Chyli
Definisi Cisterna chyli adalah
pembesaran pembuluh getah bening yang memiliki panjang sekitar 6 cm. Pembuluh ini terletak di daerah pinggang pada rongga perut, tepat di sebelah kanan aorta perut. Pembuluh ini menerima dan menyimpan sementara getah bening dalam perjalanan ke atas dari bagian bawah tubuh.

– Pengertian Citalopram
Definisi Citalopram adalah
obat antidepresan jenis selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI).

– Pengertian Clasp
Definisi Clasp adalah
perangkat yang mencengkeram gigi tiruan parsial (jembatan gigi) pada gigi stasioner.

– Pengertian Clavus
Definisi Clavus adalah
sebuah penebalan epidermis lokal sekunder oleh tekanan kronis atau gesekan. Juga disebut corn atau heloma.

– Pengertian Clawfoot
Definisi Clawfoot atau kaki cakar adalah
 deformitas jari-jari kaki di mana sendi jari kaki metatarsofangeal (yang dekat) bengkok ke atas dan sendi jari kaki distal (yang jauh) bengkok ke bawah. Kaki tampak seperti cakar…Clawfoot dapat merupakaan bawaan lahir atau berkembang dari gangguan lain. Kondisi ini dapat disebabkan oleh masalah saraf di kaki atau masalah tulang belakang. Pada banyak kasus, penyebabnya tidak diketahui. Clawfoot biasanya tidak berbahaya, tetapi mungkin merupakan tanda awal dari penyakit sistem saraf yang lebih serius.

– Pengertian Cloning
Definisi Cloning adalah
penggunaan kromosom dari sel dewasa untuk menciptakan kembar identik (copy) dari suatu organisme dengan menyisipkan inti dewasa ke telur yang intinya telah dihapus, merangsang embriogenesis, dan menanamkan embrio ke rahim seorang ibu pengganti…Cloning yang mereproduksi domba, tikus, kambing, sapi, babi, dan keledai telah banyak dicapai dengan sukses.

– Pengertian Clostridium Difficile
Definisi Clostridium difficile adalah
bakteri alami yang terdapat dalam usus besar. Pada orang tertentu, biasanya yang memakai antibiotik, bakteri ini dapat membuat toksin yang dapat menyebabkan infeksi serius yang disebut kolitis pseudomembran.

– Pengertian Clubbing
Definisi Clubbing adalah
proliferasi jaringan lunak di sekitar ujung jari tangan dan kaki.

– Pengertian Clubfoot
Definisi Clubfoot (talipes equinovarus) adalah
kelainan bawaan sejak lahir berupa terpuntirnya telapak kaki ke dalam. Kaki jadi berbentuk seperti tongkat golf. Ini adalah deformitas kaki kongenital yang paling umum dan dapat terjadi pada salah satu atau kedua kaki. Lihat juga clawfoot dan flatfoot.


Comments are closed.