Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Biohazard – Biotranslokasi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Biohazard – Biotranslokasi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Bilateral – Biogenik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Biohazard - Biotranslokasi)

– Biohazard Biohazard adalah adalah organisme, atau zat yang berasal dari organisme, yang menimbulkan ancaman bagi kesehatan manusia. Hal ini dapat mencakup limbah medis, sampel virus, mikroorganisme atau racun (dari sumber biologis) yang dapat berdampak pada kesehatan manusia dan hewan. Istilah dan simbol yang terkait umumnya digunakan sebagai peringatan, agar mereka yang berpotensi terkena zat-zat tersebut dapat mengambil tindakan pencegahan.

– Pengertian Bioimpedansi
Bioimpedansi
Lihat analisis impedansi bioelektrik.

– Pengertian Biokimia
Biokimia adala
h ilmu yang mempelajari kimia organisme hidup, termasuk manusia.

– Pengertian Biologi Molekuler Biologi molekuler adalah studi tentang struktur molekul dan kejadian yang mendasari proses biologi. Biologi molekuler berada dalam periode perkembangan eksplosif, sebagian besar berkat teknologi DNA rekombinan.

– Pengertian Biomarker
Biomarker adalah
 indikator fisik, fungsional, atau biokimia dari proses fisiologis atau penyakit. Sebuah parameter terukur untuk usia fisiologis yang merupakan prediktor usia harapan hidup tersisa yang lebih baik daripada usia kronologis. Kemampuan untuk mengukur biomarker sangat penting dalam mengevaluasi keberhasilan setiap intervensi untuk memperpanjang usia hidup potensial.

– Pengertian Biomekanik
Biomekanik adalah
penggunaan kekuatan mekanik pada organisme hidup dan penyelidikan efek interaksi-interaksi kekuatan tubuh atau sistem; termasuk kekuatan yang timbul dari dalam dan luar tubuh.

– Pengertian Biomekanika
Biomekanika adalah
studi tentang kekuatan eksternal dan internal yang diterapkan pada tubuh dan hubungannya dengan stabilitas dan gerak.

– Pengertian Biopsi
Biopsi adalah
pengambilan sampel jaringan untuk pemeriksaan di bawah mikroskop oleh ahli patologi. Biopsi merupakan salah satu metode tes diagnostik untuk menentukan jenis tumor.

– Pengertian Biopsi Aspirasi Jarum Halus
Definisi Biopsi Aspirasi Jarum Halus (fine needle aspiration biopsy/ FNAB), adalah
prosedur biopsi yang menggunakan jarum sangat tipis yang melekat pada jarum suntik untuk menarik (aspirasi) sejumlah kecil jaringan dari lesi abnormal. Sampel jaringan ini kemudian dilihat di bawah mikroskop. Jarum yang digunakan untuk biopsi ini lebih kecil daripada yang digunakan untuk tes darah.

– Pengertian Biopsi Dibantu Vakum
Definisi Biopsi dibantu vakum (vacuum-assisted biopsy) adalah
prosedur biopsi perkutan (“melalui kulit”) yang mengandalkan mamografi stereotaktik atau pencitraan USG. Mamografi stereotaktik menggunakan komputer untuk menentukan lokasi yang tepat dari massa payudara berdasarkan mammogram (foto sinar-x) yang diambil dari dua sudut yang berbeda. Koordinat komputer akan membantu dokter untuk memandu jarum ke daerah yang benar pada payudara. Dengan USG, ahli radiologi atau ahli bedah akan melihat jarum pada monitor USG untuk membantu memandu ke bidang perhatian.

– Pengertian Biopsi Endometrium
Definisi Biopsi endometrium adalah
sebuah prosedur di mana sampel jaringan diperoleh melalui tabung yang dimasukkan ke dalam rahim.

– Pengertian Biopsi Hati Laparoskopik
Definisi Biopsi hati laparoskopik adalah
jenis biopsi hati menggunakan laparoskopi.

– Pengertian Biopsi Jarum
Definisi Biopsi jarum adalah
pemindahan jaringan atau cairan dengan jarum untuk pemeriksaan di bawah mikroskop. Ketika jarum lebar digunakan, prosedur ini disebut biopsi jarum korus. Ketika suatu jarum tips yang digunakan, prosedur ini disebut biopsi aspirasi jarum halus.

– Pengertian Biopsi Jarum Korus
Definisi Biopsi jarum korus (core needle biopsy/ CNB) adalah
biopsi dengan jarum berongga yang digunakan untuk menarik silinder kecil (atau korus) jaringan dari area yang abnormal. CNB biasanya dilakukan dengan anestesi lokal di kantor dokter. Jarum dimasukkan 3 sampai 6 kali untuk mendapatkan sampel, atau korus. Prosedur ini lebih lama dari aspirasi jarum halus, tapi lebih mungkin untuk memberikan hasil yang pasti karena jaringan lebih banyak yang diambil untuk dilihat.

– Pengertian Biopsi Kerucut
Definisi Biopsi kerucut (juga disebut konisasi) adalah
biopsi di mana sepotong jaringan yang berbentuk kerucut besar diambil dari leher rahim dengan menggunakan prosedur eksisi elektrosurgikal melingkar atau prosedur biopsi kerucut pisau dingin. Prosedur biopsi kerucut dapat digunakan sebagai pengobatan lesi prakanker dan kanker dini.

– Pengertian Biopsi Kerucut Pisau Dingin
Definisi Biopsi kerucut pisau dingin adalah
 sebuah prosedur di mana laser atau pisau bedah digunakan untuk menghapus sepotong jaringan. Prosedur ini membutuhkan penggunaan anestesia umum

– Pengertian Biopsi Liver
Definisi Biopsi liver adalah
biopsi untuk membantu diagnosis penyakit hati. Sebuah sampe kecil dari jaringan liver diambil dengan jarum biopsi dan diperiksa untuk kelainan.

– Pengertian Biopsi Payudara
Definisi Biopsi payudara adalah
tes diagnostik yang melibatkan pemindahan jaringan atau sel-sel payudara untuk diperiksa di bawah mikroskop. Biopsi dapat dilakukan dengan menggunakan jarum berongga untuk mengekstrak jaringan (biopsi jarum), atau mengambil sebagian atau seluruh benjolan (lumpektomi) untuk pemeriksaan dan / atau pengobatan.

– Pengertian Biopsi Punch
Definisi Biopsi punch adalah
biopsi yang dilakukan dengan menggunakan “pukulan”. Sebuah alat digunakan untuk memotong dan menghapus piringan jaringan. Biopsi punch dapat dilakukan untuk membuat diagnosis keganasan tertentu.

– Pengertian Biopsi Stereotaktik
Definisi Biopsi stereotaktik adalah
sebuah biopsi penentuan, biasanya pada payudara atau otak, yang menggunakan peralatan spesifik untuk menentukan koordinat dari tumor yang akan dibiopsi.

– Pengertian Biopsi Terbuka
Definisi Biopsi terbuka adalah
prosedur pembedahan yang menggunakan pembiusan lokal atau umum untuk mengambil sampel jaringan. Dokter bedah membuat sayatan eksisi atau insisi untuk menghapus seluruh atau sebagian lesi sehingga dapat dilihat di bawah mikroskop. Sebuah biopsi eksisi menghapus seluruh massa atau area yang abnormal, serta margin sekitarnya yang abnormal. Biopsi insinsi hanya mengambil sebagian massa, biasanya pada lesi yang besar.

– Pengertian Biota
Definisi Biota adalah
tanaman dan hewan di suatu lingkungan. Beberapa tanaman dan hewan mungkin menjadi sumber makanan, pakaian, atau obat bagi manusia.

– Pengertian Biotransformasi
Definisi Biotransformasi adalah
bagian dari farmakokinetika yang mempelajari perubahan pada agen kimia atau obat dalam persinggahan di sistem biologis. Perubahan dalam biotransformasi terjadi ketika agen kimia berinteraksi dengan zat-zat enzimatik, baik di dalam organisme hidup maupun in vitro.//Biotransformasi dapat dianggap sebagai “kebalikan” farmakodinamika. Bila farmakodinamika mempelajari efek kimia obat pada tubuh, biotransformasi mempelajari efek kimia tubuh pada obat. Hasil akhir biotransformasi mungkin lebih kuat atau lebih lemah dari efek materi awal.

– Pengertian Biotranslokasi
Definisi Biotranslokasi adalah
bagian dari farmakokinetika yang mempelajari gerakan agen kimia atau obat ke, melalui, dan keluar dari sistem biologis atau bagian-bagiannya. Biotranslokasi mencakup identifikasi dan deskripsi gerakan, mekanisme yang terjadi, dan faktor-faktor apa yang mengendalikan mereka. Ringkasnya, biotranslokasi melibatkan pemahaman mengenai bagaimana agen kimia terserap dan terdistribusi oleh suatu sistem biologis.

To top