Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (BCG – Bedah Refraktif)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (BCG – Bedah Refraktif) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Basa – Bayi Tabung). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (BCG - Bedah Refraktif)

– Pengertian BCG (Bacille Calmette- Guerin)
Definisi BCG Vaksin
yang dibuat dari Mycobacterium bovis yang dilemahkan dengan dikulturkan. Bakteri ini terkait erat dengan Mycobacterium tuberculosis, agen yang bertanggung jawab untuk penyakit tuberkulosis (tb). BCG adalah vaksin yang dianggap paling efektif untuk penyakit tuberkulosis saat ini.

– Pengertian BDSM
Definisi BDSM adalah
singkatan dari bondage and domination, dominance and submission, sadism and masochism. Hal ini biasanya melibatkan penggunaan hambatan fisik yang membatasi rentang gerak seseorang, penderitaan dan penerimaan rasa sakit, dan bermain akting peran terdominasi dan mendominan dengan cara yang dianggap aman oleh para pelakunya.

– Pengertian Beban Aksial
Definisi Beban aksial adalah
beban yang diarahkan secara vertikal sepanjang sumbu tulang belakang leher selama kekuatan kompresi seperti ketika kejatuhan benda atau tabrakan kepala.

– Pengertian Bed Kapiler
Definisi Bed kapiler (capillary bed) adalah
sebuah koleksi pembuluh kecil di mana darah mengalir sangat lambat sehingga memungkinkan plasma mengalir masuk dan keluar untuk pertukaran nutrisi dengan produk-produk limbah sel.

– Pengertian Bedah
Definisi Bedah adalah
cabang kedokteran yang bersangkutan dengan penyakit dan kondisi yang membutuhkan atau disetujui dengan prosedur operasi (pembedahan). Pembedahan adalah pekerjaan yang dilakukan oleh dokter bedah. Bedah caesar dilakukan setiap kali kondisi abnormal mempersulit persalinan vag1na, mengancam jiwa atau kesehatan ibu atau bayi. Distosia, atau persalinan yang sulit, adalah penyebab umum lainnya bedah caesar. Prosedur ini seringkali digunakan dalam kasus di mana sang ibu sebelumnya pernah menjalaninya (“sekali bedah caesar, selalu bedah caesar”).

– Pengertian Bedah Bariatrik
Definisi Bedah bariatrik (bariatric surgery) adalah
operasi untuk menurunkan berat badan pada pasien obesitas morbid (obesitas yang menyebabkan penyakit) di mana metode lain seperti diet, olahraga dan pengobatan tidak efektif…Operasi bariatrik bekerja dengan salah satu dari tiga cara:
> Restriksi, yaitu membatasi jumlah asupan makanan dengan mengurangi ukuran lambung.
> Malabsorpsi, yaitu membatasi penyerapan makanan dalam saluran usus dengan “memotong-kompas” (bypass) sebagian dari usus kecil.
> Kombinasi dari restriksi dan malabsorpsi, Gastric banding dan bypass lambung adalah dua jenis bedah bariatrik yang paling umum.

– Pengertian Bedah Caesar
Definisi Bedah caesar atau operasi caesar adalah
prosedur pembedahan di mana insisi (sayatan) dibuat melalui perut dan rahim seorang wanita untuk melahirkan bayinya./Bedah caesar dilakukan setiap kali kondisi abnormal mempersulit persalinan vag1na, mengancam jiwa atau kesehatan ibu atau bayi. Distosia, atau persalinan yang sulit, adalah penyebab umum lainnya bedah caesar. Prosedur ini seringkali digunakan dalam kasus di mana sang ibu sebelumnya pernah menjalaninya (“sekali bedah caesar, selalu bedah caesar”).

– Pengertian Bedah Caesar
Definisi Primer Bedah caesar primer adalah
bedah caesar (c-section) yang pertama kali bagi seorang ibu. Bila untuk kedua kalinya maka disebut bedah caesar sekunder.

– Pengertian Bedah Kosmetik
Definisi Bedah kosmetik adalah
setiap intervensi bedah yang bertujuan untuk meningkatkan penampilan dan bentuk, bukannya fungsi bagian tubuh.

– Pengertian Bedah Laser Makula
Definisi Bedah laser makula adalah
prosedur bedah yang digunakan untuk mengobati edema makula. Prosedur ini melibatkan pengarahan sinar laser ke daerah makula untuk menutup kebocoran pembuluh darah. Risiko kehilangan penglihatan berkurang hingga 50% dengan bedah ini, namun pengobatan ulang sering diperlukan dan ada risiko kehilangan penglihatan akibat penyebab lain yang terkait dengan operasi.

– Pengertian Bedah Mata Laser
Definisi Bedah Mata Laser atau operasi mata laser adalah
jenis operasi di mana seberkas sinar kecil dengan energi kuat digunakan untuk memecahkan masalah mata.

– Pengertian Bedah Mohs
Definisi Bedah Mohs adalah
eksisi mikroskopis yang terkontrol atas lesi di mana setiap bit dari jaringan yang diambil dipetakan dan diperiksa di bawah mikroskop untuk menentukan lokasi dan luasnya sel-sel ganas sebelum lebih banyak jaringan yang dihapus.

– Pengertian Bedah Onkologi
Definisi Bedah onkologi adalah
pengobatan kanker dengan menggunakan operasi, biasanya untuk menghilangkan tumor kanker dan jaringan.

– Pengertian Bedah Paliatif
Definisi Bedah paliatif adalah
pembedahan yang tidak dirancang untuk menyembuhkan kanker, tetapi untuk membantu meringankan ketidaknyamanan dan meminimalkan masalah yang timbul dari kanker atau pengobatan kanker.

– Pengertian Bedah Plastik
Definisi Bedah plastik
, bedah kosmetik, bedah rekonstruksi mengacu pada berbagai operasi yang dilakukan dalam rangka memperbaiki atau mengembalikan bagian-bagian tubuh agar terlihat normal, atau mengubah bagian tubuh agar terlihat lebih baik. Jenis operasi ini sangat khusus yang dicirikan oleh persiapan yang cermat atas kulit dan jaringan seseorang, dengan teknik memotong dan menjahit yang tepat, dan dengan perawatan untuk meminimalkan jaringan parut./Meskipun ketiga jenis operasi memiliki beberapa kesamaan dalam teknik dan pendekatan, mereka memiliki penekanan sedikit berbeda:
> Bedah plastik biasanya dilakukan untuk mengobati cacat lahir dan menghapus noda kulit seperti kutil, bekas jerawat, atau tanda lahir.
> Bedah kosmetik dilakukan untuk membuat orang terlihat lebih muda atau memperbaiki penampilan mereka.
> Bedah rekonstruksi digunakan untuk memasang kembali bagian tubuh terpotong dalam pertempuran atau kecelakaan, melakukan cangkok kulit setelah luka bakar, atau merekonstruksi bagian-bagian tubuh orang yang hilang pada saat lahir atau terhapus oleh operasi. Bedah rekonstruksi adalah bentuk tertua dari operasi plastik, yang dikembangkan dari kebutuhan untuk mengobati prajurit yang terluka di medan perang.

– Pengertian Bedah Profilaksis
Definisi Bedah profilaksis adalah
pembedahan untuk mengangkat suatu organ atau kelenjar yang tidak menunjukkan tanda-tanda kanker, dalam upaya untuk mencegah perkembangan kanker dari organ atau kelenjar tersebut. Bedah profilaksis kadang-kadang dipilih oleh orang-orang yang mengetahui bahwa mereka berisiko tinggi untuk mengembangkan kanker.

– Pengertian Bedah Radiasi
Definisi Bedah radiasi (radiosurgery) adalah
terapi radiasi di mana dosis radiasi besar dikirim ke volume target dalam pengobatan tunggal bukan dalam pecahan-pecahan kecil. Volume sasaran mungkin jaringan kanker atau bukan. Perawatan bedah radiasi mengandalkan lokalisasi ketat dari dosis radiasi untuk meminimalkan kerusakan pada jaringan non-target.

– Pengertian Bedah Refraktif
Definisi Bedah refraktif adalah
jenis operasi (seperti LASIK) yang mengoreksi kesalahan refraksi mata.

To top