Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Balanitis – Bartolinitis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Balanitis – Bartolinitis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Bacillus – Bakteriuria). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Balanitis - Bartolinitis)

– Pengertian Balanitis
Definisi Balanitis adalah
peradangan pada glans penis (dari bahasa Yunani “balanos” = biji). Salah satu penyebab balanitis adalah terlalu banyak mencuci dengan sabun. Balanitis juga dapat disebabkan oleh candida albicans. Kolonisasi glans penis oleh candidalebih mungkin terjadi pada pria yang tidak disunat.

– Pengertian Balanitis Xerotica Obliterans
Definisi Balanitis xerotica obliterans adalah
infeksi pada glans atau kulup, yang ditandai dengan permukaan yang putih agak mengeras. Juga dikenal sebagai liken sklerosus et atrofikus (LSA).

– Pengertian Balanopostitis
Definisi Balanopostitis adalah
peradangan pada glans dan kulup.

– Pengertian Balisme
Definisi Balisme (ballism) adalah
bentuk korea yang parah. Pada kelainan gerak ini, gerakan dapat seperti memukul-mukulkan lengan atau kaki yang menyebabkan melempar atau menjatuhkan apa saja yang ada di tangan. Berjalan mungkin menjadi aneh, dengan postur dan gerakan kaki berlebihan.

– Pengertian Balsem
Definisi Balsem adalah
 salah satu dari berbagai zat bergetah aromatik yang digunakan untuk penyembuhan dan menenangkan; diterapkan secara eksternal sebagai obat atau mengurangi iritasi.

– Pengertian Band
Definisi Band (pengikat, penjepit) adalah
: Cincin logam yang disemen pada gigi, yang dapat berupa kawat elastis kecil atau kawat pilin (twisted), untuk kekuatan dan ketegaran..Pengikat elastis pada lambung yang ditempatkan dalam bedah gastric bandinguntuk membatasi daya tampung lambung, sehingga berdampak menurunkan berat badan.

– Pengertian Bank Darah
Definisi Bank darah adalah
proses yang terjadi di laboratorium untuk memastikan bahwa darah atau produk darah yang disumbangkan adalah aman sebelum digunakan untuk transfusi darah atau prosedur medis lainnya.

– Bank Sperma
Definisi Bank sperma adalah
penyimpanan sperma dengan bahan pengawet pada suhu sangat rendah. Bank sperma digunakan untuk beberapa alasan seperti menyimpan donor sperma untuk fertilisasi in vitro (IVF), mengamankan kesuburan sebelum pengobatan kanker yang bisa membunuh sperma atau menjalani operasi vasektomi.

– Pengertian Barbiturat
Definisi Barbiturat adalah
sekelompok obat penenang yang mengurangi aktivitas di otak; menimbulkan kecanduan dan kemungkinan fatal ketika diambil bersamaan dengan alkohol. Barbiturat terutama digunakan untuk sedasi ringan, anestesi umum, dan sebagai pengobatan untuk beberapa jenis epilepsi.

– Pengertian Bariatrik
Definisi Bariatrik adalah
bidang kedokteran yang menawarkan perawatan untuk menurunkan kelebihan berat badan dengan prosedur pembedahan. Kata bariatrik berasal dari Yunani, “baros” yang berarti “berat” dan “iatrikos” yang berati “pengobatan”. Lebih lanjut, lihat bedah bariatrik.

– Pengertian Barium
Definisi Barium (BaSO4) adalah
sebuah zat putih yang terlihat dengan sinar-X dan dapat ditelan untuk mengkontraskan perut (barium telan) atau dimasukkan melalui anus untuk mengkontraskan usus besar (barium enema).

– Pengertian Barium Enema
Definisi Barium enema atau disebut juga seri GI bawah, enema kontras atau enema larut air adalah
penggunaan larutan barium sulfat yang diberikan melalui anus untuk memungkinkan pemeriksaan rontgen pada saluran usus bawah (rektum, usus besar). Gambar sinar-x yang dihasilkan akan menunjukkan menunjukkan apakah ada striktur (daerah menyempit), obstruksi (sumbatan), atau masalah lainnya.

– Pengertian Barium Telan
Definisi Barium telan adalah
penggunaan larutan barium sulfat yang diberikan secara oral untuk memungkinkan pemeriksaan rontgen pada saluran usus bagian atas.

– Pengertian Barotrauma
Barotrauma adalah
kerusakan telinga yang disebabkan oleh tekanan abnormal yang memengaruhi telinga bagian luar, tengah atau dalam. Kondisi ini dapat terjadi karena olahraga air seperti menyelam dan perubahan ketinggian yang cepat seperti ketika terbang dengan pesawat tanpa pengatur tekanan udara.

– Pengertian Bartolinitis
Bartolinitis adalah
infeksi pada salah satu atau kedua kelenjar bartolin. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan pada jaringan di sekitarnya, dan mungkin juga abses menyakitkan. Kelenjar bartolin mungkin juga tersumbat, menyebabkan kista bartolin..Bartolinitis dapat disebabkan oleh bakteri dari kotoran yang memasuki kelenjar akibat kebersihan yang buruk atau penyakit menular seksual.

To top