Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Atelektasis – Atrium)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Atelektasis – Atrium) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Askariasis – Ataksia-Talangiektasia). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Atelektasis - Atrium)

– Pengertian Atelektasis
Definisi Atelektasis adalah
pengembangan paru-paru tidak lengkap.

– Pengertian Atenuasi
Definisi Atenuasi adalah
melemah atau menurun. Misalnya, virus yang diatenuasi tidak bisa lagi menghasilkan penyakit tetapi dapat digunakan untuk memproduksi vaksin.

– Pengertian Aterektomi
Definisi Aterektomi (atherectomy) adalah
prosedur di mana kateter yang dirancang khusus menyapu atau membongkar timbunan kolesterol dari arteri koroner. Ini adalah satu-satunya prosedur yang benar-benar memindahkan kolesterol dari pembuluh darah yang sakit.

– Pengertian Aterogenik
Definisi Aterogenik berarti
bersifat mampu memproduksi aterosklerosis.

– Pengertian Aterosklerosis
Definisi Aterosklerosis atau arteriosklerosis adalah
akumulasi kolesterol di dalam dinding pembuluh darah arteri, yang jika cukup parah dapat menghambat aliran darah ke berbagai organ. Aterosklerosis adalah proses umum yang melibatkan banyak pembuluh di tubuh, termasuk di jantung, otak, dan ginjal.

– Pengertian Atetosis
Definisi Atetosis (athetosis) adalah
kondisi yang ditandai dengan gerakan menggeliat atau meliuk yang lambat, berulang, dan tak sadar, terutama di tangan, leher, jari, lengan dan kaki. Penderita atetosis juga mungkin mengalami gangguan gerak lainnya, seperti korea, yang memicu gerakan menyentak dan tidak beraturan pada tangan dan kaki. Kombinasi ini disebaut koreoatetosis. Atetosis bervariasi dari ringan sampai disfungsi motorik yang parah, ditandai dengan gerakan otot paksa dan tidak seimbang disertai kesulitan mempertahankan postur tubuh simetris. Disfungsi motorik mungkin hanya pada sebagian tubuh atau di seluruh tubuh, tergantung tingkat keparahannya. Atetosis disebabkan oleh lesi di otak, terutama pada korpus striatum, yang menjadi jelas sejak bayi berusia 18 bulan dan dapat berlanjut sampai masa remaja dan pada saat-saat stres emosional. Atetosis juga sering terkait dengan gejala cerebral palsy.

– Pengertian Atlas
Definisi Atlas adalah
tulang pertama vertebra servikalis (C1).

– Pengertian Atopi
Definisi Atopi adalah
suatu kecenderungan genetik untuk mengembangkan penyakit alergi, misalnya dermatitis, rhinitis atau asma. Orang atopik hipersensitif terhadap zat tertentu, biasanya protein, di lingkungan mereka.

– Pengertian ATP (Adenosin Trifosfat)
Definisi ATP Adenosin trifosfat (ATP) adalah
molekul yang berfungsi sebagai sumber energi universal untuk reaksi seluler, sebuah nukleotida (unit struktural dasar asam nukleat – DNA atau RNA) yang terdapat dalam jaringan otot. Dalam tubuh, ATP terurai menjadi adenosin difosfat dan gugusan fosfat terpisah. Hal ini melepaskan energi, yang digunakan untuk tenaga sel-sel tubuh. Selama periode tidak aktif, reaksi sebaliknya terjadi, dan kelompok fosfat menempel kembali ke molekul untuk menggunakan energi yang diperoleh dari makanan. Dengan cara ini, molekul ATP terus-menerus didaur ulang oleh tubuh Anda.

– Pengertian ATRA
Definisi ATRA All Trans Retinoat Acid (ATRA) adalah
derivatif Vitamin A yang sedang diselidiki untuk kemungkinan regenerasi jaringan pada pasien dengan emfisema ringan sampai sedang. ATRA diketahui menjadi racun bila digunakan secara sistemik, namun penggunaannya dalam mengobati leukemia promyelocytic akut (APL) telah menunjukkan hasil yang menjanjikan (lihat Sindrom ATRA).

– Pengertian Atresia Anorektal
Definisi Atresia anorektal adalah
kurangnya pembukaan normal antara rektum dan anus. Atresia bararti tertutup; ketiadaan pembukaan normal atau lumen paten yang normal.

– Pengertian Atresia bilier
Definisi Atresia bilier adalah
kondisi bawaan (kongenital) di mana terjadi penyumbatan pada tuba (saluran) yang membawa cairan empedu dari hati ke kandung empedu. Atresia bilier terjadi ketika saluran empedu di dalam atau di luar hati tidak berkembang secara normal. Saluran empedu membantu mengeluarkan limbah dari hati dan membawa garam yang membantu usus kecil memecah/mencerna lemak. Pada bayi dengan atresia bilier, empedu yang mengalir dari hati ke kandung empedu terhambat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan hati dan sirosis hati, yang mematikan jika tidak diobati. Bayi dengan kondisi ini mungkin tampak normal saat lahir. Namun, ikterus (penyakit kuning) berkembang pada minggu kedua atau ketiga kehidupan. Berat badan bayi menurun dan bayi menjadi rewel akibat memburuknya penyakit kuning.
Gejala lain mungkin termasuk:
> urin pekat
> pembesaran limpa
> tinja berbau busuk, berwarna pucat atau coklat
> pertumbuhan stagnan

– Pengertian Atria
Definisi Atria (tunggal: atrium) adalah
dua ruang atas jantung yang menerima darah dari vena dan berkontraksi untuk mendorong darah ke dalam ventrikel.

– Pengertian Atrium
Definisi Atrium adalah
bagian atas bilik jantung, yang terdiri dari atrium kiri dan kanan.

To top