Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Askariasis – Ataksia-Talangiektasia)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Askariasis – Ataksia-Talangiektasia) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Asfiksia – Asites Ganas). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Askariasis - Ataksia-Talangiektasia)

– Askariasis Askariasis (ascariasis) adalah infestasi oleh cacing gelang Ascaris lumbricoides. Ini adalah infestasi cacing yang paling umum, terutama pada lingkungan dengan kebersihan yang rendah, sanitasi yang buruk, dan di tempat-tempat di mana kotoran manusia digunakan sebagai pupuk. Diperkirakan 1 miliar orang terinfeksi ascariasis di seluruh dunia. Ascariasis terjadi pada orang dari segala usia, meskipun anak-anak terpengaruh lebih parah daripada orang dewasa. Askariasis disebabkan oleh mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi telur cacing gelang. Setelah dikonsumsi, telur menetas dan melepaskan larva cacing gelang dalam usus kecil. Dalam beberapa hari, larva kemudian bergerak melalui aliran darah ke paru-paru, keluar ke atas melalui saluran udara besar paru-paru, dan ditelan kembali ke dalam lambung dan mencapai usus kecil. Selama gerakan melalui paru-paru larva dapat menghasilkan bentuk yang jarang dari pneumonia yang disebut pneumonia eosinofilik. Setelah mereka kembali di usus halus, larva dewasa menjadi cacing gelang dewasa. Cacing dewasa tinggal di usus kecil di mana mereka bertelur yang dikeluarkan lewat tinja. Mereka dapat hidup 10 – 24 bulan.

– Pengertian Asma
Definisi Asma adalah
sebuah gangguan umum di mana peradangan kronis pada tabung-tabung bronkial (bronkus) membuat mereka membengkak dan saluran udara menyempit. Asma hanya melibatkan tabung bronkial dan tidak memengaruhi kantung udara (alveoli) atau jaringan paru-paru (parenkim paru).

– Pengertian Asma Bronkitis
Definisi Asma Bronkitis adalah
koeksistensi mengi/ asma dengan bronkitis kronis.

– Pengertian Aspartam
Definisi Aspartam adalah
 pemanis diet dengan kalori dan gizi hampir tidak ada.

– Pengertian Aspartat Aminotransferase
Definisi Aspartat aminotransferase (AST, sebelumnya SGOT) adalah
enzim (juga disebut aspartat transaminase) yang diproduksi di hati. Ketika sel-sel hati yang rusak, AST dilepaskan. Peningkatan kadar AST dapat mengindikasikan penyakit hati, tetapi juga terlihat pada orang dengan kerusakan otot. Tingkat normalnya adalah di bawah 42 IU/L.

– Pengertian Aspergilosis
Definisi Aspergilosis adalah
infeksi jamur aspergilus yang bermula dari paru-paru dan dapat menyebar melalui darah ke organ lain. Gejalanya meliputi demam, menggigil, sesak napas, dan batuk darah.

– Pengertian Aspirasi
Definisi Aspirasi adalah penarikan
cairan dari rongga tubuh dengan menggunakan alat hisap atau sifonase, seperti jarum suntik.

– Pengertian Aspirasi Folikular
Definisi Aspirasi folikular adalah
prosedur yang bertujuan untuk mengambil oosit dari folikel. Hal ini dilakukan melalui tusukan ovarium dengan jarum yang dimasukkan melalui vag1na dan dibimbing ke dalam folikel menggunakan monitor USG.

– Pengertian Aspirin
Definisi Aspirin adalah
kristal putih dengan rumus senyawa CH3COOC6H4COOH, yang berasal dari asam salisilat dan umum digunakan dalam bentuk tablet untuk meringankan nyeri dan mengurangi demam dan peradangan. Obat ini juga digunakan sebagai agen antiplatelet. Juga disebut asam asetilsalisilat.

– Pengertian Astenopia
Definisi Astenopia adalah
kelelahan mata.

– Pengertian Astenospermia
Definisi Astenospermia atau astenozoospermia adalah
kondisi di mana kurang dari 50% dari sperma ejakulasi motil (bisa bergerak). Motilitas sperma dapat dinilai dengan analisis 5emen yang dilakukan di laboratorium. Penyebab astenospermia adalah: Masalah produksi sperma yang bersifat genetik (contohnya sindrom Klinefelter) atau gangguan hormonal, Cedera dan penyakit testis yang mempengaruhi produksi dan kualitas sperma, Malnutrisi beberapa unsur gizi (contohnya zinc, selenium, vitamin C, dll), Panas yang berlebihan dari sauna, kolam air panas, dll yang menurunkan produksi sperma, Merokok.

– Pengertian Astigmatisme
Definisi Astigmatisme atau silindris adalah
kelainan refraksi umum dari mata yang disebabkan oleh kornea yang tidak beraturan. Kondisi ini biasanya ditandai oleh ketidakteraturan dalam dua titik fokus cahaya yang mencapai retina (bukan satu titik fokus tunggal) sehingga gambar menjadi kabur atau terdistorsi. Astigmatisme yang kurang umum adalah hasil dari penyimpangan di permukaan lensa, yang disebut astigmatisme lentikular. Astigmatisme dapat memengaruhi salah satu atau kedua mata. Penyandang astigmatisme sering juga memiliki hiperopia (rabun dekat) atau miopia (rabun jauh) dan cenderung menurun dalam keluarga. Silindris ringan mungkin tidak menghasilkan gangguan penglihatan yang serius sehingga tidak memerlukan koreksi. Tindakan korektif meliputi penggunaan kacamata, lensa kontak, dan bedah refraktif.

– Pengertian Astragalus
Definisi Astragalus adalah
ramuan yang digunakan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Ini adalah bahan dalam banyak formula herbal Cina.

– Pengertian Ataksia
Definisi Ataksia adalah
kegagalan koordinasi otot, ketidakmampuan mengkoordinasi gerakan otot. Kondisi ini biasanya terkait dengan gangguan di otak kecil, bagian otak yang mengatur koordinasi dan keseimbangan.

– Pengertian Ataksia-Talangiektasia
Definisi Ataksia-telangiektasia adalah
penyakit yang pertamakali muncul di masa kecil dan memburuk dari waktu ke waktu. AT disebabkan oleh kerusakan pada otak kecil, bagian otak yang bertanggung jawab untuk gerakan dan keseimbangan. Oleh karena itu, penderita AT mengalami kesulitan dalam mempertahankan keseimbangan dan postur tubuh. Mereka berjalan sempoyongan dan memiliki masalah bicara dan memfokuskan mata. Penyakit ini juga menyebabkan pelebaran permanen kelompok pembuluh darah, terutama pada kulit yang menerima banyak sinar matahari. AT adalah penyakit yang diwariskan sebagai sifat resesif autosomal.

To top