Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anosmia – Anti-inflamasi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anosmia – Anti-Inflamasi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Angioplasti – Anorgasmia). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anosmia - Anti-inflamasi)

– Pengertian Anosmia
Definisi Anosmia adalah
kurangnya indera penciuman. Orang yang memiliki anosmia lengkap tidak dapat mendeteksi bau. Orang yang memiliki anosmia parsial tidak mampu mendeteksi satu atau lebih bau.

– Pengertian Anovulatori
Definisi Anovulatori (anovulatory) adalah
tanpa ovulasi, seperti ketika siklus estrus atau menstruasi terjadi tanpa pelepasan telur dari ovarium. Siklus anovulatori adalah siklus infertil.

– Pengertian Ansietas
Definisi Ansietas (anxiety) adalah
kondisi yang ditandai dengan kecemasan dan kekhawatiran berlebihan atas peristiwa kehidupan sehari-hari tanpa alasan yang jelas untuk mencemaskan/ mengkhawatirkannya. Orang dengan gejala gangguan ansietas umum cenderung untuk selalu mengantisipasi bencana dan tidak bisa berhenti mengkhawatirkan kesehatan, keuangan, keluarga, pekerjaan, atau sekolah. Kekhawatiran tersebut seringkali tidak realistis atau tidak proporsional terhadap situasinya. Kehidupan sehari-hari menjadi suatu keadaan yang selalu menimbulkan ras khawatir, takut, dan cemas. Akhirnya, ansietas yang mendominasi pikiran orang tersebut akan mengganggu fungsi sehari-hari, termasuk pekerjaan, sekolah, kegiatan sosial, dan hubungan.

– Pengertian Ansiolitik
Definisi Ansiolitik (anxiolytics) adalah
obat anti-kecemasan, depresan sistem saraf pusat yang kuat yang dapat memperlambat fungsi otak normal. Mereka sering diresepkan untuk mengurangi perasaan tegang dan cemas, dan / atau untuk membuat tidur.

– Pengertian Antagonis
Definisi Antagonis adalah
 Otot yang mengendur (rileks). Ketika gerakan apapun terjadi, ada dua set yang bekerja pada sendi. Antagonis menggambarkan sekelompok otot di satu sisi yang mengendur sehingga otot-otot di sisi lain dapat mengencang (kontraksi). Sebagai contoh, ketika seseorang menekuk lengannya pada siku, bisep dan trisep bekerja dengan cara ini. Trisep adalah antagonis. (Lihat juga definisi mengenai agonis). Agen kimia yang menghambat reseptor sehingga tidak memungkinkan terjadinya proses biologis tertentu. Insulin adalah antagonis glukagon.

– Pengertian Antagonisme
Definisi Antagonisme adalah
dampak gabungan dari dua atau lebih obat yang berefek gabungan kurang dari jumlah efek yang dihasilkan oleh setiap agen secara terpisah. Agonis adalah agen yang efeknya berkurang dengan pemberian antagonis. Ada tiga jenis umum antagonisme:
> kimia, disebabkan oleh kombinasi agonis dengan antagonis, dengan inaktivasi yang dihasilkan dari agonis, misalnya, dimercaprol dan ion merkuri.
> fisiologis, disebabkan oleh agonis dan antagonis bertindak di dua lokasi independen dan mendorong independen, tapi efeknya berlawanan.
> farmakologi, disebabkan oleh tindakan dari agonis dan antagonis di lokasi yang sama.
Dalam kasus antagonisme farmakologis, istilah antagonisme kompetitif dan non-kompetitif digunakan dengan arti yang analog dengan inhibisi enzim kompetitif dan non-kompetitif seperti yang digunakan dalam enzim.

– Pengertian Antenatal
Definisi Antenatal adalah
sebelum kelahiran (seperti dalam paparan HIV atau penularan dari ibu ke bayi selama kehamilan).

– Pengertian Anterior
Definisi Anterior adalah
istilah anatomi yang berarti struktur bagian depan sebagai lawan posterior, bagian belakang.

– Pengertian Anthocyanin
Definisi Anthocyanin adalah
pigmen alami yang terdapat pada tanaman yang memberikan warna biru dan merah, misalnya pada buah anggur.

– Pengertian Antiandrogen
Definisi Antiandrogen adalah
hormon atau zat lain yang menggantikan atau menghalangi masuknya androgen di dalam inti sel target. Hormon atau zat ini menghambat sekresi testosteron dari testis namun ia sendiri secara biologis atau fungsional tidak aktif atau sangat lemah.

– Pengertian Antibiotik
Definisi Antibiotik adalah
obat yang menghentikan atau memperlambat pertumbuhan bakteri.

– Pengertian Antibodi
Definisi Antibodi
, juga dikenal sebagai imunoglobulin, adalah protein besar berbentuk Y yang digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasi dan menetralisir zat asing seperti virus, bakteri, fungus, dll yang seharusnya tidak ada dalam tubuh.

– Pengertian Anti-D Gamma Globulin
Definisi Anti-D Gamma Globulin adalah
imunoglobulin untuk pencegahan sensitisasi Rh-.

– Pengertian Antidiare
Definisi Antidiare adalah
obat yang mencegah dan mengendalikan diare. Contohnya adalah imodium.

– Pengertian Antidot
Definisi Antidot adalah
suatu zat yang dapat menetralkan racun.

– Pengertian Antiemetik
Definisi Antiemetik adalah
obat untuk mencegah atau mengurangi mual dan muntah.

– Pengertian Antifertilitas
Definisi Antifertilitas berarti
mampu mengurangi atau menghilangkan fertilitas, bersifat kontraseptif.

– Pengertian Anti-Inflamasi
Definisi Anti-inflamasi adalah
obat-obatan yang mengurangi tanda-tanda dan gejala peradangan.

loading...

Comments are closed.