Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anemia – Anergi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anemia – Anergi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anasarka – Anekdot). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Anemia - Anergi)

– Pengertian Anemia
Definisi Anemia adalah
suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam aliran darah berada pada tingkat yang lebih rendah daripada yang dianggap normal. Jenis anemia dapat dibagi menurut ukuran sel-sel darah merah. Sel darah merah dewasa memilki diameter rata-rata 7,2 mikron dengan kisaran 6-9 mikron. Ketebalan rata-rata sel darah merah normal adalah 2,1 mikron dengan mean corpuscular volume (MCV) rata-rata 87 mikron kubik (femtoliter).
> Anemia normositik adalah ketika sel-sel darah merah berukuran normal.
> Anemia makrositik adalah ketika ukuran sel darah merah lebih besar dari normal.
> Anemia mikrositik adalah ketika sel-sel darah merah lebih kecil dari normal.

– Pengertian Anemia Aplastik
Definisi Anemia Aplastik adalah
anemia akibat penurunan tingkat sel darah merah yang disebabkan oleh ketidakmampuan sel induk dalam sumsum tulang untuk memproduksi sel-sel baru. Obat-obatan tertentu menekan sumsum tulang dan dapat menyebabkan anemia aplastik sebagai efek samping.

– Pengertian Anemia Defisiensi Besi
Definisi Anemia defisiensi besi adalah
jenis anemia yang paling umum, yang disebabkan oleh kurangnya zat besi. Penyebabnya dapat berupa asupan kurang, masalah penyerapan, atau kehilangan zat besi dalam sel darah yang hilang oleh perdarahan atau okultasi. Sebagian besar kasus kehilangan zat besi disebabkan oleh kondisi usus seperti ulserasi, gastritis, esofagitis, atau tumor kolon. Pada wanita usia subur, kehilangan darah menstruasi merupakan penyebab umum dari kekurangan zat besi.

– Pengertian Anemia Hemolitik Mikroangiopati
Definisi Anemia hemolitik mikroangiopati (microangiopathic hemolytic anemia) adalah
subkelompok dari anemia hemolitik yang disebabkan oleh faktor-faktor di dalam pembuluh darah kecil. Kondisi ini disebut sebagai anemia Runner. Beberapa penyakit seperti sindrom uremik hemolitik, hipertensi maligna, dll dapat menyebabkan kerusakan lapisan endotel pembuluh kecil yang mengakibatkan deposisi fibrin dan agregasi platelet.

– Pengertian Anemia Megaloblastik
Definisi Anemia megaloblastik adalah
anemia yang disebabkan oleh megaloblas berlebihan di dalam sirkulasi, terutama disebabkan oleh kekurangan asam folat, vitamin B12, atau keduanya.

– Pengertian Anemia Normositik
Definisi Anemia normositik adalah
jumlah sel darah merah abnormal rendah, namun ukuran sel-selnya normal. Kondisi ini dapat bawaan atau dapatan. Anemia normositik bawaan (kongenital) disebabkan oleh pemecahan sel darah merah. Contoh dari kondisi ini adalah penyakit sel sabit. Penyebab paling umum dari bentuk anemia normositik dapatan adalah. Penyakit kronis yang dapat menyebabkan anemia normositik termasuk penyakit ginjal, kanker, reumatoid artritis dan tiroiditis. Beberapa obat juga dapat menyebabkan anemia normositik, tapi jarang sekali.”

– Pengertian Anemia Pernisiosa
Definisi Anemia pernisiosa adalah
tahap akhir dari peradangan autoimun di perut yang mengakibatkan kerusakan sel-sel lambung oleh antibodi sendiri. Perusakan progresif dari sel-sel yang melapisi lambung menyebabkan penurunan sekresi asam dan enzim yang dibutuhkan untuk melepaskan vitamin B12 dari makanan. Anemia pernisioas adalah jenis khusus anemia megaloblastik (kekurangan darah yang ditandai dengan banyaknya sel darah merah imatur dan disfungsional di sumsum tulang) sebagai akibat dari kekurangan B12.

– Pengertian Anemia Sel Sabit
Definisi Anemia sel sabit adalah
penyakit keturunan di mana mutasi pada gen protein salah satu hemoglobin menghasilkan molekul hemoglobin yang rusak, yang dikenal sebagai hemoglobin S. Individu homozigot untuk mutasi ini (memiliki dua gen hemoglobin S) memiliki sel darah merah yang berubah dari bentuk diskoid normal menjadi bentuk sabit ketika suplai oksigen rendah. Sel sabit ini mudah terperangkap dalam kapiler dan rusak, yang mengakibatkan anemia berat. Individu yang heterozigot (memiliki satu gen hemoglobin S dan satu gen hemoglobin normal) memiliki peningkatan resistensi terhadap malaria.

– Pengertian Anemia Sideroblastik
Definisi Anemia sideroblastik adalah
kelompok anemia yang ditandai oleh akumulasi deposit besi pada mitokondria sel darah merah imatur. Sel-sel darah merah imatur abnormal ini gagal menjadi matang dan banyak yang hancur dalam sumsum tulang sebelum mencapai sirkulasi. Anemia sideroblastik dapat diturunkan, idiopatik (tidak diketahui penyebabnya), atau disebabkan oleh faktor-faktor yang beragam seperti obat-obatan tertentu, alkohol, atau kekurangan tembaga.

– Pengertian Anergi
Definisi Anergi adalah
tidak adanya respon imun terhadap antigen pada inang (host) yang sebelumnya sensitif.

– Pengertian Anergi
Definisi Anergi adalah
kehilangan atau kelemahan respon imun terhadap agen iritatif atau antigen.

loading...

Comments are closed.