Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Amitriptilin – Anafilaksis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Amitriptilin – Anafilaksis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ambulan – Amiotrofi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Amitriptilin - Anafilaksis)

– Pengertian Amitriptilin
Definisi Amitriptilin adalah
obat yang digunakan untuk mengobati berbagai bentuk depresi, rasa sakit yang terkait dengan saraf (nyeri neuropatik), dan untuk mencegah sakit kepala migren.

– Pengertian Amnesia
Definisi Amnesia atau gangguan amnestik adalah
sekelompok gangguan yang mencakup kehilangan ingatan lama, kehilangan kemampuan untuk menciptakan kenangan baru, atau kehilangan kemampuan untuk belajar informasi baru. Amnesia disebabkan oleh dua penyebab dasar: kondisi medis umum yang menghasilkan gangguan ingatan (stroke, cedera otak, operasi, alkoholisme, ensefalitis, dll) dan paparan bahan kimia (penyalahgunaan obat, pengobatan, atau racun lingkungan).

– Pengertian Amnion
Definisi Amnion (cairan ketuban) adalah
cairan yang bening agak kekuning-kuningan yang mengelilingi bayi yang belum lahir (janin) selama kehamilan. Cairan ini terkandung dalam kantung ketuban. Di dalam rahim, bayi mengapung dalam cairan ketuban. Cairan ketuban mengelilingi dan mendukung bayi dalam seluruh perkembangannya. Jumlah cairan ketuban terbesar adalah sekitar 34 minggu kehamilan. Cairan ketuban terus bergerak (beredar) saat bayi menelan dan menghirup cairan, dan kemudian melepaskan atau menghembuskan cairan melalui urin. Cairan ketuban membantu:

> Perkembangan gerakan bayi di dalam rahim, yang memungkinkan untuk pertumbuhan tulang yang tepat.
> Paru-paru bayi berkembang dengan baik.
> Menjaga suhu relatif konstan di sekitar bayi, melindungi dari kehilangan panas.
> Melindungi bayi dari cedera luar akibat guncangan atau gerakan tiba-tiba.

Cairan ketuban yang terlalu sedikit (oligohidramnion) atau terlalu banyak (polihidramnion) dapat berbahaya bagi ibu dan bayinya.

– Pengertian Amniosentesis
Definisi Amniosentesis (amniocentesis) adalah
prosedur yang mengambil sampel cairan ketuban (amnion) dan menganalisisnya di laboratorium untuk mendeteksi kelainan genetik tertentu, penyakit metabolik, kelainan kromosom, atau cacat perkembangan. Amniosentesis biasanya dilakukan antara minggu 14 dan 18 kehamilan. Jenis kelamin bayi juga dapat diprediksi dengan tes ini.

– Pengertian Amoebiasis
Definisi Amoebiasis adalah
penyakit yang disebabkan oleh protozoa Entameoba histolytica, sejenis ameoba.

– Pengertian Amonia
Definisi Amonia adalah
produk sampingan metabolisme beracun yang biasanya diekskresikan dalam urin.

– Pengertian Amoxapine
Definisi Amoxapine adalah
antidepresan trisiklik oral.

– Pengertian Amplifikasi
Definisi Amplifikasi (amplification) adalah
jumlah perubahan output yang ditentukan oleh per unit perubahan input.

– Pengertian Amputasi
Definisi Amputasi adalah
penghilangan ekstremitas tubuh oleh trauma atau pembedahan. Sebagai tindakan bedah, digunakan untuk mengontrol rasa sakit atau proses penyakit pada anggota tubuh yang terkena, seperti kanker atau gangren. Dalam beberapa kasus, hal ini dilakukan pada individu sebagai operasi pencegahan untuk masalah tersebut.

– Pengertian Amputasi Chopart
Definisi Amputasi Chopart adalah
amputasi kaki, di mana kalkaneus, talus, dan bagian lain dari tarsus dipertahankan.

– Pengertian Amsler Grid
Definisi Amsler grid adalah
grafik yang dipegang tangan yang menampilkan garis horizontal dan vertikal, biasanya putih pada latar belakang hitam, digunakan untuk menguji cacat bidang visual pusat.

– Pengertian Anaerob Fakultatif
Definisi Anaerob fakultatif adalah
mikroorganisme yang tidak memerlukan oksigen atmosfer, namun tumbuh lebih baik dalam lingkungannya.

– Pengertian Anaerobik
Definisi Anaerobik adalah
latihan tanpa menggunakan oksigen sebagai sumber energi; olahraga berat yang intens tapi singkat.

– Pengertian Anafia
Definisi Anafia adalah
ketidakmampuan untuk merasakan sentuhan.

– Pengertian Anafilaksis
Definisi Anafilaksis atau syok anafilaksis adalah
reaksi alergi segera dan parah terhadap zat alergen tertentu (misalnya makanan atau obat-obatan). Gejala anafilaksis termasuk kesulitan bernapas, kehilangan kesadaran dan penurunan tekanan darah. Kondisi ini bisa berakibat fatal dan memerlukan perhatian medis segera.


Comments are closed.