Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ambulan – Amiotrofi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ambulan – Amiotrofi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Alopesia – Ambliopia). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ambulan - Amiotrofi)

– Pengertian Ambulan
Definisi Ambulan (ambulant, ambulatory) berarti
seseorang bisa berjalan. Istilah ini dapat digunakan untuk menggambarkan pasien yang tidak perlu kursi roda atau bantuan untuk berjalan.

– Pengertian Ambulasi
Definisi Ambulasi (ambulation) adalah
tindakan berjalan atau bergerak dari satu tempat ke tempat lain tanpa perangkat seperti tongkat atau kruk.

– Pengertian Amelanotik
Definisi Amelanotik
dalam kaitannya dengan melanoma, amelanotik mengacu pada melanoma yang mengandung sedikit atau tidak ada pigmen.

– Pengertian Amenore
Definisi Amenore adalah
ketiadaan atau penghentian periode menstruasi. Amenore bisa bersifat primer, sekunder, pasca-pil, dan psikogenik. Amenore primer: terjadi dari awal dan seumur hidup. Menstruasi tidak dimulai pada saat pubertas. Amenore sekunder: suatu kondisi di mana menstruasi yang pada suatu waktu normal dan teratur kemudian menjadi tidak teratur dan berhenti. Pasca-pil: tidak menstruasi setelah menghentikan pil kontrasepsi. Psikogenik: kegagalan menstruasi akibat gangguan emosional.

– Pengertian Ametropia
Definisi Ametropia adalah
nama generik untuk kondisi mata yang ditandai oleh gangguan refraksi, misalnya miopia, hiperopia dan astigmatisme.

– Pengertian Amfetamin
Definisi Amfetamin adalah
kelompok obat yang secara dramatis mempengaruhi sistem saraf pusat. Mereka menimbulkan perasaan kesejahteraan dan meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan kinerja kognitif pada berbagai tugas motorik. Amfetamin merupakan obat kuat dan sangat adiktif.

– Pengertian Amigdala
Definisi Amigdala atau korpus amigdaloidum adalah
sekelompok neuron berbentuk seperti kacang almond yang terletak jauh di lobus temporo-medial otak, di depan hipokampus dan di bawah korteks serebri. Amigdala berperan penting dalam memproses emosi dan merupakan bagian inti sistem limbik. Pada manusia dan hewan lainnya, struktur otak ini terkait dengan respon rasa takut dan kesenangan. Kondisi seperti kecemasan, autisme, depresi, gangguan stres pasca-trauma dan fobia dicurigai terkait dengan fungsi abnormal dari amigdala, karena kerusakan, masalah perkembangan, atau ketidakseimbangan neurotransmiter.

– Pengertian Amilin
Definisi Amilin adalah
 hormon yang dibentuk oleh sel-sel beta di pankreas. Amilin mengatur waktu pelepasan glukosa ke dalam aliran darah setelah makan dengan memperlambat pengosongan lambung.

– Pengertian Amiloid
Definisi Amiloid adalah
zat protein ekstraseluler yang disimpan pada amiloidosis. Deposit amiloid terdiri berbentuk non-fibril lurus, bercabang dengan diameter 7,5-10 nm dengan panjang tak terbatas. Ada beberapa prekursor protein yang kemudian disimpan dalam jaringan sebagai amiloid.

– Pengertian Amiloidosis
Definisi Amiloidosis adalah
penyakit langka yang menyebabkan penumpukan amiloid, protein dan pati di dalam jaringan dan organ. Bahan-bahan tersebut tidak dapat dipecah dan mengganggu fungsi normal dari organ. Orang-orang yang telah dicuci darah selama beberapa tahun sering mengembangkan amiloidosis karena membran buatan yang digunakan dalam dialisis gagal untuk menyaring bahan protein dari darah.

– Pengertian Amiloidosis Jantung
Definisi Amiloidosis Jantung adalah
gangguan yang disebabkan oleh endapan protein abnormal (amiloid) di jaringan jantung, yang menyulitkan jantung untuk bekerja dengan baik. Juga disebut “sindrom jantung kaku.”

– Pengertian Amina
Definisi Amina adalah:
1. Zat kimia dalam tubuh yang strukturnya mirip dengan amonia 2. Sekelompok hormon (medula adrenal – epinefrin & norepinefrin) atau neurotransmitter di otak (dopamin, norepinefrin, epinefrin, serotonin).

– Pengertian Aminotransferase
Definisi Aminotransferase (transaminase) adalah enzim (misalnya, ALT, AST) yang diproduksi oleh hati yang mengkatalisis transfer asam amino. Tingkat aminotransferase abnormal tinggi di dalam darah menunjukkan kerusakan hati.

– Pengertian Amiodarone
Definisi Amiodarone (Cordarone, Pacerone) adalah
jenis obat antiaritmik yang digunakan untuk mengobati irama jantung yang tidak teratur (aritmia) seperti fibrilasi atrium dan takikardia ventrikel. Obat ini bekerja dengan mengatur impuls saraf dalam jantung Anda. Amiodarone terutama diberikan kepada pasien yang tidak menanggapi obat-obatan antiaritmik lainnya.

– Pengertian Amiotrofi
Definisi Amiotrofi (kata sifat: amiotrofik) adalah
penyusutan progresif jaringan otot.

To top