Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Akomodasi – Akupuntur)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Akomodasi – Akupuntur) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (AIDS – Akloridia). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Akomodasi - Akupuntur)

– Pengertian Akomodasi
Definisi Akomodasi adalah
kemampuan mata untuk beralih fokus dari objek dekat ke objek jauh. Hal ini dilakukan oleh otot-otot kecil yang melekat pada lensa mata, yang menarik lensa untuk mengubah kecembungannya. Karena penuaan, otot-otot menjadi lemah dan lensa menjadi kaku. Kondisi ini dikenal sebagai presbiopia, di mana kacamata baca menjadi perlu untuk melihat objek yang dekat.

– Pengertian Akrodermatitis
Definisi Akrodermatitis adalah
peradangan kulit ekstremitas, terutama kaki atau telapak kaki.

– Pengertian Akrokordon
Definisi Akrokordon (acrochordon) adalah
pertumbuhan berdaging jinak karena hiperplasia epidermal kulit batang di atas pedunkulata papular.

– Pengertian Akromegali
Definisi Akromegali (acromegaly) adalah
pertumbuhan berlebihan pada bagian-bagian terminal dari sistem kerangka setelah fusi epifisial, sebagai akibat kelebihan produksi hormon pertumbuhan.

– Pengertian Akrosentrik
Definisi Akrosentrik adalah
sebuah struktur kromosom di mana terdapat sentromer di dekat dengan salah satu ujungnya.

– Pengertian Akses Vaskuler
Definisi Akses vaskuler adalah
sebuah istilah umum untuk menggambarkan area pada tubuh di mana darah diambil untuk sirkulasi melalui sirkuit hemodialisis. Sebuah akses vaskuler dapat berupa fistula arteriovenosa, cangkok, atau kateter.

– Pengertian Aksila
Definisi Aksila (axilla) adalah
istilah medis untuk ketiak. Anda mungkin menemukan istilah ini jika kelenjar getah bening di ketiak meradang, atau dalam kasus diagnosis kanker payudara di mana kelenjar getah bening di ketiak dapat diambil untuk mencegah penyakit menyebar.

– Pengertian Aksis
Definisi Aksis adalah
vertebra servikal yang kedua (C2).

– Pengertian Akson
Definisi Akson adalah
serat atau serabut saraf yang memproses output dari neuron. Akson dapat bervariasi panjangnya dari beberapa milimeter sampai beberapa centimeter, dan bisa bercabang secara luas. Ketika muatan listrik mencapai ujung akson, neurotransmiter dirilis. Neurotransmiter ini pada gilirannya mengaktifkan reseptor pada dendrit neuron di sebelahnya, yang melanjutkan pesan. Pesan-pesan dasar yang ditransmisikan melalui akson merupakan peristiwa listrik/ kimia, yang disebut potensial aksi. Meskipun umumnya terhubung dengan dendrit, akson juga dapat terhubung dengan badan sel (soma) atau bahkan akson lainnya.

– Pengertian Aksonotmesis
Definisi Aksonotmesis adalah
grade II cedera saraf akibat peregangan saraf di mana endoneurium tetap utuh.

– Pengertian Aktin
Definisi Aktin adalah
sebuah protein yang penting dalam mempertahankan bentuk sel dan bertindak bersama-sama dengan miosin untuk menghasilkan gerakan sel.

– Pengertian Aktinik
Definisi Aktinik
mengacu pada sinar ultraviolet (UV) sinar matahari dan lampu UV.Sunburn adalah terbakar aktinik. Keratosis aktinik adalah lesi kulit yang merupakan konsekuensi dari paparan sinar matahari kronis. Dari bahasa Yunani “aktis” yang berarti “sinar.”

– Pengertian Aktivator Plasminogen Tisu
Definisi Aktivator plasminogen tisu (Tissue Plasminogen Activator/TPA) adalah
sebuah enzim yang membantu melarutkan bekuan. TPA dibuat oleh lapisan sel pembuluh darah dan juga telah dibuat di laboratorium. Agen penghilang gumpalan ini digunakan dalam pengobatan serangan jantung dan stroke. Alteplase adalah aktivator plasminogen tisu yang diproduksi oleh teknologi DNA rekombinan. TPA rekombinan disingkat r-TPA.

– Pengertian Aktivitas Intrinsik
Definisi
Aktivitas intrinsik (intrinsic activity) adalah kualitas obat yang memastikan hasil biologisnya. Hal ini juga disebut sebagai efikasi intrinsik (intrinsic efficacy).

– Pengertian Akupresur
Definisi
Akupresur adalah teknik penyembuhan tradisional Cina di mana tekanan jari diterapkan pada titik-titik tertentu pada tubuh untuk mengobati penyakit dan memperbaiki gejala.

– Pengertian Akupuntur
Definisi Akupuntur adalah
metode pengobatan yang mendorong tubuh untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi rasa sakit dan penderitaan. Hal ini dilakukan dengan menusukkan jarum dan menerapkan panas atau stimulasi listrik pada titik-titik akupunktur yang tepat. Metode ini mungkin tampak aneh dan misterius bagi banyak orang, namun telah teruji oleh waktu selama ribuan tahun dan berlanjut hingga hari ini. Akupunktur memandang kesehatan dan penyakit berdasarkan pada konsep “energi vital,” “keseimbangan energik” dan “ketidakseimbangan energik.” Seperti halnya dokter medis Barat memonitor darah yang mengalir melalui pembuluh darah dan arus informasi melalui sistem saraf, ahli akupunktur menilai aliran dan distribusi dari “energi vital” di jalur-jalurnya, yang dikenal sebagai “meridian dan saluran”. Menurut pengobatan tradisional Cina (TCM), saluran energi berjalan dalam pola teratur melalui tubuh dan permukaannya. Saluran energi ini, yang disebut meridian, seperti sungai yang mengalir melalui tubuh untuk mengairi dan memelihara jaringan. Sebuah hambatan dalam aliran sungai energi ini akan mengganggu tingkat kesehatan tubuh. Meridian dapat dipengaruhi dengan tusuk jarum di titik-titik akupunktur. Jarum akupunktur membuka blokir penghalang di bendungan dan membangun kembali aliran teratur melalui meridian. Oleh karena itu pengobatan akupunktur dapat membantu organ-organ internal tubuh untuk memperbaiki ketidakseimbangan dalam pencernaan, penyerapan, dan kegiatan produksi dan sirkulasi energi.

To top