Bisnis

Tips Bisnis Memulai Bisnis Online Anda

Tips Bisnis Memulai Bisnis Online Anda – Bisnis online adalah ladang baru yang kini menjadi perhatian banyak orang. Kini mulai banyak yang menyadari potensi dan manfaat dari bisnis online ini. Telah banyak tips bisnis online yang ditulis guna memudahkan para pemulai untuk memasuki sumber penghasilan era digital ini. Dari yang mengawali dari sekedar hobi, namun akhirnya malah menjadi sumber penghasilan utama. Ada sangat banyak tips dan trik yang bisa kita terapkan untuk memajukan bisnis online ini. Ada  urutan langkah terbukti yang dapat Anda ikuti untuk menjamin kesuksesan Anda ketika Anda memulai bisnis kecil online. Ribuan orang memulai dan mengembangkan bisnis yang sukses dengan melakukan hal berikut :

1. Menemukan celah pasar dan mengisinya.

2. Menulis copyright yang menjual.

3.Rancang dan bangunlah website yang memudahkan pengguna Anda.

4. Gunakan search engine untuk menambah traffic ke website Anda.

5. Jadilah ahli dalam bidang Anda.

6. Tindaklanjuti costumer dan subscriber Anda dengan e-mail.

7. Tingkatkan pendapatan Anda melalui back-end sales dan upselling.

Semoga dengan menerapkan tips ini dalam petualangan baru bisnis online Anda, Anda bisa memulai dengan baik. Kali ini admin menurutparaahli.com ingin memberikan tips memulai bisnis online bagi Anda yang baru saja memulainya. Baiklah, langsung saja kita lihat tips memulai bisnis online ini semoga bisa membantu Anda.

 

Tips Bisnis Memulai Bisnis Online Anda

 

1. Menemukan celah pasar dan mengisinya

Beberapa orang yang memulai bisnis ini membuat kesalahan dengan menentukan produk yang akan dijual terlebih dahulu, bukan pasarnya. Untuk menambah kemungkinan sukses Anda, mulailah dengan riset pasar terlebih dahulu mengenai produk apakah yang sedang dibutuhkan. Carilah sekelompok orang yang mencari solusi atas permasalahan tertentu namun belum menemukan jawabannya.

Kunjungi forum online untuk melihat apa yang orang-orang tanyakan dan apa masalah yang mereka coba untuk pecahkan.

Melakukan penelitian kata kunci untuk menemukan kata kunci yang banyak orang mencari, tapi tidak banyak situs yang bersaing.

Periksa pesaing potensial Anda dengan mengunjungi situs mereka dan memperhatikan apa yang mereka lakukan untuk mengisi celah tersebut. Kemudian Anda dapat menggunakan apa yang telah Anda pelajari dan membuat produk untuk pasar yang sudah ada dan membuat produk yang lebih baik dari kompetitor Anda.

 

2. Tulislah sales copy yang menjual

Sales copy adalah konten pada platform web yang mempengaruhi konsumen untuk mengambil tindakan. Kata, kalimat, ujaran singkat termasuk didalamnya. Ada beberapa tips dalam penulisan sales copywriting ini.

Membangkitkan minat dengan judul yang menarik.

-Jelaskan masalah yang dapat dipecahkan oleh produk Anda.

Membangun kredibilitas Anda sebagai pemecah masalah tersebut.

Tambahkan testimonial dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda.

Bicarakan tentang produk ini dan bagaimana dapat bermanfaat bagi penggunanya.

-Buatlah suatu penawaran.

-Yakinkan pelanggan Anda;buatlah suatu garansi yang kuat.

Buat urgensi, yakinkan mengapa pelanggan Anda harus segera memilikinya.

Sepanjang penulisan sales copy, Anda perlu fokus pada bagaimana produk atau jasa Anda secara unik mampu memecahkan masalah masyarakat atau membuat hidup mereka lebih baik. Berpikir seperti pelanggan dan bertanya “Apa untungnya bagi saya?”

 

3. Rancang dan buatlah website

Setelah Anda punya pasar Anda dan produk, dan Anda memahami proses penjualan Anda, sekarang Anda siap untuk desain web bisnis kecil Anda. Ingatlah untuk tetap sederhana. Anda memiliki kurang dari lima detik untuk menarik perhatian seseorang jika mereka pergi, tidak pernah terlihat lagi. Beberapa tips penting untuk diingat:

Pilih satu atau dua font polos pada latar belakang putih.

Membuat navigasi yang jelas dan sederhana, dan sama pada setiap halaman.

Hanya menggunakan grafis, audio atau video jika mereka benar-benar tepat dan membantu meningkatkan pesan Anda.

Masukkan opt-in offer sehingga Anda dapat mengumpulkan alamat email. Opt-in offer adalah ketika penjual menawarkan memberikan merchandise, informasi, atau pesan atas seijin pembeli melalui alamat email.

Buatlah proses pembelian mudah tidak lebih dari dua klik antara pelanggan potensial dan checkout.

-Rancanglah agar web Anda customer friendly, memudahkan pelanggan Anda.

 

4. Gunakan mesin pencari (search engine)untuk mengarahkan pembeli ke situs Anda

Iklan pay-per-click adalah cara termudah untuk mendapatkan lalu lintas atau traffic ke situs web baru. Ini memiliki dua keunggulan dibandingkan menunggu lalu lintas untuk datang kepada Anda secara normal. Pertama, iklan PPC(pay per click) muncul pada halaman pencarian dengan segera,  dan kedua, iklan PPC memungkinkan Anda untuk menguji kata kunci, headline( kalimat, frase, kata, atau kelompok kata diatur dalam ukuran besar, huruf tebal di halaman depan koran atau di atas tubuh teks pada setiap halaman web), harga dan pendekatan menjual yang berbeda.

Tidak hanya Anda mendapatkan lalu lintas langsung, tetapi Anda juga dapat menggunakan iklan PPC untuk menemukan  kata kunci dengan rate pencarian tertinggi yang terbaik. Kemudian Anda dapat mendistribusikan kata kunci di seluruh situs Anda dalam copy Anda dan kode, yang akan membantu peringkat Anda dalam hasil pencarian.

 

5. Jadilah ahli dalam bidang Anda

 Orang menggunakan internet untuk mencari informasi. Memberikan informasi secara gratis ke situs lain, dan Anda akan melihat lebih banyak lalu lintas dan peringkat mesin pencari yang lebih baik. Rahasianya adalah untuk selalu menyertakan link ke situs Anda di setiap kepingan kecil informasi.

Memberikan konten gratis dari para ahli. Buat artikel, video atau konten lain yang berguna bagi orang. Mendistribusikan konten melalui artikel direktori online atau situs media sosial.

Sertakan link kirim ke temanpada konten yang berharga di website Anda.

Menjadi seorang ahli yang aktif dalam forum industri dan situs jejaring sosial di mana target pasar Anda berkumpul.

Anda akan mencapai pembaca baru. Tapi lebih baik, setiap situs yang posting konten Anda akan link kembali ke Anda. Search engine menyukai link dari situs yang relevan dan akan memberi Anda peringkat yang tinggi.

 

6. Gunakan kekuatan email marketing untuk mengubah pengunjung situs Anda menjadi pembeli

Ketika Anda membuat daftar opt-in (lihat artikel ke 3 poin 4), Anda sedang membuat salah satu aset paling berharga dalam bisnis online Anda. Pembeli dan pelanggan telah memberi Anda ijin untuk mengirimi mereka email. Hal ini berarti :

-Anda telah memberi sesuatu yang mereka butuhkan.

-Anda sedang mengembangkan hubungan jangka panjang dengan mereka.

-Respons mereka dapat diukur 100 persen.

-Email marketing lebih murah dan efektif ketimbang media cetak, TV, atau radio karena mentarget konsumen secara langsung.

Siapapun yang mengunjungi situs Anda dan memilih opt-in adalah konsumen potensial. Dan tidak ada cara yang lebih efektif selain follow-up dengan email untuk “mengamankan” mereka.

 

7. Tingkatkan pendapatan Anda melalui back-end sales dan upselling

Salah satu strategi marketing internet yang terpenting adalah mengembangkan lifetime value dari setiap pembeli Anda. Setidaknya 36 persen dari orang yang pernah membeli pada Anda akan membeli sekali lagi jika Anda melakukan follow up pada mereka. Mendapatkan pembelian pertama adalah bagian yang paling sulit – juga yang paling mahal.  Back-end sales adalah penawaran bagi mereka yang pernah membeli dari Anda, ini adalah kesempatan untuk mendapatkan penghasilan, karena mereka sudah pernah membeli dan mempercayai produk Anda. Sedangkan upselling adalah teknik untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan barang lain untuk melengkapi barang yang telah dibeli pelanggan. Jadi manfaatkan back-end sales dan upselling untuk meningkatkan penjualan Anda.

-Tawarkan produk komplementer dari barang yang dibeli konsumen Anda

-Berikan kupon elektronik untuk kunjungan mereka berikutnya

-Tawarkan produk sejenis pada halaman “Terima kasih sudah membeli”.

Berikan penghargaan pada konsumen atas kesetiaan mereka dan mereka pun akan semakin loyal pada kita.

 

Dunia internet berubah begitu cepat, sehingga lima tahun di dunia sama dengan satu tahun di internet. Namun prinsip untuk sukses dan berkembang dalam bisnis internet belum berubah sama sekali. Bila Anda baru memulai, berpeganglah pada langkah langkah ini. Bila And telah cukup lama bergelut dengan bisnis online, tidak ada salahnya untuk melakukan review siapa tahu ada beberapa langkah yang Anda lewatkan. Mempelajari dasar tidak pernah salah.

Demikian lah artikel tentang tips bisnis online yang bisa penulis bagikan saat ini, ingatlah selalu untuk mengunjungi menurutparaahli.com karena didalamnya banyak sekali artikel yang menarik untuk Anda ikuti. Semoga tips memulai bisnis online ini berguna bagi Anda. Terima kasih dan selamat mencoba.

To top