Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Mencegah Gigitan Nyamuk Tips Kesehatan Terbaru

Mencegah Gigitan Nyamuk Tips Kesehatan Terbaru – Gigitan nyamuk adalah lazim ditemukan saat musim kemarau, dimana nyamuk adalah salah satu pembawa berbagai macam virus dan sakit penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan keluarga. Ada berbagai macam cara untuk mencegah gigitan nyamuk tersebut, beberapa diantaranya adalah teknik fogging atau pengasapan, namun ini tidak praktis dan memerlukan dana serta dampak polusi yang ditimbulkan pun tidak sedikit. Sebagai salah satu web yang memberikan berbagai macam update tips, kali ini menurutparaahli.com memberikan tips dan trik sederhana yang dapat dilakukan seluruh anggota keluarga Anda untuk menghindari gigitan nyamuk. Mari kita simak.

 

Mencegah Gigitan Nyamuk Tips Kesehatan Terbaru

Fakta Seputar Nyamuk

Ada lebih dari 3.000 spesies yang berbeda dari nyamuk di dunia dan 176 dari mereka ditemukan di Amerika Serikat. Nyamuk jantan hanya minum nektar tanaman. Nyamuk betina minum nektar tanaman dan minum darah yang dibutuhkan untuk mengembangkan telur atau larva nyamuk. Jadi nyamuk yang mengigit Anda selama ini adalah nyamuk betina! Nyamuk tertarik pada karbon dioksida, kehangatan dan kelembaban dari manusia. Mereka juga tertarik pada bahan kimia tertentu dalam keringat Anda.

Nyamuk sering membawa penyakit, seperti malaria, ensefalitis, demam kuning, demam berdarah, dog heartworm, dan virus West Nile. Mereka menyebarkan penyakit ke lebih dari 700 juta orang setiap tahun. Betina, yang minum darah, dapat membawa penyakit dari satu hewan ke yang lain dari gigitan mereka.

Para peneliti belum menentukan apa yang menyebabkan nyamuk tertarik kepada suatu bahan atau senyawa kimia tertentu. Penelitian masih diteruskan untuk mencari penyebab mengapa beberapa orang lebih mudah terkena gigitan nyamuk dibanding yang lain. Sementara itu, Anda bisa melakukan beberapa saran dibawah ini untuk melewati musim panas agar terhindar dari gigitan nyamuk. 

 

Tips Menghindari Gigitan Nyamuk

Karena nyamuk dapat bertelur dari jarak 1/4 inci dari air, hilangkan genangan air dari sekitar rumah Anda agar menghindari nyamuk berkembang biak dan mengigit Anda.

-Bila Anda memiliki penghias rumah berupa kolam kecil atau bak mandi yang sering digunakan, taburkanlah larvisida seperti serbuk Abate agar dapat membasmi larva nyamuk. Jika memungkinkan, peliharalah spesies ikan yang memangsa larva nyamuk di kolam Anda.

Ganti air di air mancur, bird baths, dan kolam rendam setidaknya sekali seminggu.

Hindari keluar rumah 30 menit sebelum dan setelah fajar dan senja ketika nyamuk paling aktif bergerak. Kenakan pakaian berwarna terang karena nyamuk lebih tertarik pada pakaian gelap yang memberikan gelombang panas yang lebih besar. Pakailah kemeja lengan panjang dan celana panjang agar terhindar dari gigitan nyamuk.

-Pangkas rumput dihalaman Anda secara teratur.

Minyak Citronella atau oil of Citronella adalah bahan aktif dalam banyak lilin, obor kecil, dan coils(obat nyamuk bakar). Hanya digunakan di luar ruangan saat angin tidak bertiup.

Tanamlah kebun rempah , atau tanaman herbal dalam pot dan taruh di sekitar dek Anda atau halaman. Tanaman seperti mint (catnip), rosemary, basil, lemon, thyme, peppermint, melati, lavender dan bawang putih, dipercaya mampu mengusir nyamuk karena aroma yang ditimbulkan tanaman-tanaman tersebut.

Tanaman Geranium Citronella (tanaman nyamuk) memiliki daun yang berbau seperti serai. Ketika bekerja di luar ruangan, ambil beberapa daun dan gosok mereka pada kulit terbuka. Jika memungkinkan tempatkan tanaman serai dekat setiap pintu masuk. Tanamlah agar Anda terhindar dari gigitan nyamuk di luar ruangan sekitar rumah Anda.

Tanamlah tanaman pyrethrin di halaman Anda. Pyrethrin merupakan insektisida alami yang berasal dari bunga Krisan. Tanamlah biji jarak, marguerite daisy, marigold Afrika, dan catambra shrubs. Tanaman lemon balm memiliki kandungan citronella yang sangat tinggi didalam daunnya. Hancurkan beberapa daun dan tempatkan mereka di sekitar rumah Anda dan halaman. Minyak dari daun hancur akan mengusir nyamuk.

Beralih ke shampo dan sabun yang memiliki kandungan minyak penolak nyamuk (seperti rosemary, tea tree, dan peppermint) di dalamnya.

Tempatkan lemon atau kulit jeruk di sekitar rumah Anda.

Demikian yang bisa admin menurutparaahli.com sampaikan kali ini tentang cara menghindari gigitan nyamuk , semoga dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga Anda. Ingat selalu untuk membersihkan rimah Anda dari air yang tergenang dan selalu bereskan benda-benda yang bertumpuk didalam rumah Anda, karena itulah tempat yang sering dihinggapi nyamuk.  Simak terus berbagai artikel menarik, tips-tips cinta, perjalanan wisata dan yang lainnya ada di menurutparaahli.com. Ikuti terus menurutparaahli.com. terima kasih.


Comments are closed.