Bisnis

Kiat Berbisnis Sambil Sekolah Kumpulan Tips dan Trik

Kiat Berbisnis Sambil Sekolah Kumpulan Tips dan Trik – Berbisnis sambil sekolah adalah hal yang umum dilakukan saat ini. Dengan bertambahnya jaman bertambah pula kesadaran pelajar khususnya mahasiswa untuk memulai bisnis lebih awal. Karena setelah sekolah tentunya yang akan kita cari adalah pekerjaan, karena itu banyak juga pelajar yang membuka usaha ketika masih bersekolah. Banyak manfaat yang bisa diambil saat kita dapat mencari uang sambil bersekolah atau kuliah. Namun tentunya banyak juga hal hal yang bisa kita perhatikan untuk membuat usaha kita semakin maksimal. Dunia saat ini juga semakin berkembang sehingga memudahkan orang untuk berbisnis dengan berbagai media, khususnya media online. Baiklah, mari kita lihat beberapa tips dan trik untuk berbisnis sambil sekolah.

 

 

1. Mintalah bantuan teman yang sudah lebih dahulu mulai

Kiat Berbisnis Sambil Sekolah Kumpulan Tips dan Trik1

 

Carilah teman teman Anda yang sudah lebih dulu merintis usaha. Pelajarilah sebanyak mungkin tips dan trik dari mereka agar kita tak perlu terlalu meraba nantinya. Tentunya pelajari pula cara mereka untuk mengatur waktu antara sekolah dan usaha agar tak saling mengacaukan satu sama lain. Minta juga rekomendasi dari mereka rekan rekan bisnis yang bisa dipercaya agar semakin memudahkan Anda memulai usaha.

 

2. Bisnis Kuliner Adalah Bisnis Yang Bagus

Selain relatif banyak jenis makanan yang bisa dijual, bisnis makanan adalah yang tidak akan pernah sepi. Anda hanya harus peka terhadap jenis makanan apa saja yang sedang trend saat ini. Bisnis ini juga mudah karena Anda dapat mengajak teman teman Anda ikut untuk berusaha dan ikut memodali. Bisinis ini juga cocok untuk latihan Anda dalam mengatasi permasalahan yang mungkin muncul dalam bisnis bila Anda  masih pemula dan belajar untuk memulai usaha. Apabila Anda sudah memiliki bisnis lain diluar makanan, bisnis makanan tetap bisa dijadikan bisnis sampingan untuk mengumpulkan modal untuk bisnis utama Anda. Cobalah

 

3. Mulailah Dari Bawah

Anda ingin menjadi pemilik usaha? Awalilah dengan menjadi pekerja. Kedengarannya mungkin kontradiktif, tapi percayalah, banyak yang harus Anda pelajari jika ingin menjadi seorang ahli. Mulailah dengan menjadi seorang pelayan, pegawai, atau shopkeeper. Bila Anda memiliki performa yang baik, bisa jadi Anda akan mendapatkan kenaikan posisi. Anda akan belajar untuk menghadapi berbagai macam karakter orang yang berbeda beda. Dekati dan bertemanlah dengan baik dengan para pemimpin perusahaan. Pelajarailah bagaimana cara mereka mengelola suatu usaha agar bisa seperti mereka. Biasanya pemilik usaha yang baik dapat memberikan keleluasaan bila Anda masih bersekolah. Baik dalam hal waktu kerja atau pun ketika Anda bertanya.

 

4. Belajarlah Mengatur Keuangan

Anda dan siapapun pasti tergiur dengan hasil pertama Anda dalam usaha. Namun tetap ingat bahwa Anda harus menyisihkan modal untuk kelanjutan usaha Anda. JIka ingin menyisihkan untuk keperluan pribadi, gunakanlah untuk biaya sekolah. Jangan digunakan untuk bersenang-senang karena pasti tidak akan terasa habisnya. Pada awal Anda berusaha mungkin bahkan Anda belum dapat menggunakan pendapatan dari usaha Anda karena hasilnya mungkin belum seberapa. Namun tetap tekunlah dan belajarlah menaruh modal dengan skala prioritas.

 

5. Jangan Lupakan Studi

Sering kita melihat seseorang yang usahanya berhasil namun studinya buruk. Walau ini tidak selalu berarti hal yang buruk, namun ingatlah jika kewajiban Anda yang utama adalah bersekolah. Anggaplah jika usaha sampingan ini juga sebagai sarana belajar, tetap luangkan waktu untuk sekolah , jangan terlalu asik dengan usaha Anda yang akhirnya malah menurunkan indeks prestasi kumulatif Anda. Malah jika Anda dapat mengatur kegiatan dengan baik, maka akan terlihat bagus di cv jika nanti Anda akan melamar pekerjaan ke suatu perusahaan tertentu.

 

Demikian lah yang bisa penulis bagikan saat ini, ingatlah selalu untuk mengunjungi menurutparaahli.comkarena didalamnya banyak sekali artikel yang menarik untuk Anda ikuti. Semoga Anda dapat menjalankan usaha pertama Anda tanpa melupakan kewajiban Anda sebagai seorang pelajar. Terima kasih dan selamat mencoba.

To top