Kesehatan

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami – Sariawan atau yang lebih populer dengan nama ilmiah stomatitis, merupakan pembengkakan atau juga peradangan yang biasa terjadi tepat di daerah mukosa mulut. Bukan termasuk jenis penyakit berbahaya dan mematikan, namun tetap saja sariawan sangat mengganggu, terutama disaat Anda akan mengkonsumsi makanan atau berbicara. Beberapa penyebab utama sariawan, yakni adanya luka di daerah mulut, stres, alergi pada suatu jenis makanan tertentu, siklus haid, atau terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang rasanya asam. Berikut ini beberapa cara mengobati sariawan secara alami dengan cepat:

Kumurlah dengan larutan garam
Kabarnya berkumur dengan air garam bisa meringankan sedikit rasa nyeri yang disebabkan oleh pembengkakan di lapisan mukosa mulut. Percaya atau tidak, sebagian besar orang mempercayai dan terus menganut metode ini dari sejak kecil yang diperoleh dari orang tua hingga menjelang dewasa. Faktanya garam memiliki khasiat untuk mengobati sariawan, namun tetap saja bukan obat penyembuh paling efektif karena masih banyak yang mengeluh akan ketidakpuasannya setelah menggunakan larutan garan untuk mengobati sariawan, hal ini bisa jadi karena larutan tersebut tidak bekerja dengan baik untuk mengobati sariawan mereka sehingga meskipun sudah mencoba berulang kali berkumur dengan air garam, sariawan belum juga sembuh. Cukup larutkan sedikit garam dapur dengan air, setelah itu Anda kumur-kumur beberapa kali. Lakukan di pagi dan malam hari.

Minum minuman dari yoghurt
Mengandung antibakteri yang sangat baik dan bermanfaat untuk membantu mengobati sariawan. Sifatnya yang dingin juga cocok untuk meredakan rasa nyeri karena sariawan. Anda cukup mengkonsumsi minuman yoghurt, entah yang memiliki perasa buah-buahan atau yang tidak, bisa juga menambahkan beberapa sendok yoghurt pada ice cream atau pudding yang hendaka Anda santap, sesuaikan saja dengan selera yang Anda inginkan. Wah, cara mengobati sariawan secara alami dengan cepat yang sangat menyenangkan, bukan? Anda bisa sekaligus menikmati minuman yoghurt sambil mengobati sariawan.

Bawang putih serta pepaya
Keduanya memiliki cita rasa yang jauh berbeda, sebagian besar orang pun tidak bersedia bila diminta untuk mengkonsumsi mentah bawang putih, lain halnya dengan buah pepaya hampir semua orang menyukai dan berteman akrab dengan buah yang lezat dan bersifat mendinginkan ini. Obati sariawan dengan mengoleskan secara langsung, halusan bawang putih atau halusan buah pepaya. Selain kedua bahan tersebut, Anda bisa menggunakan kantong teh hijau. Pilihlah obat sariawan yang sekiranya Anda sukai dan bisa Anda aplikasikan setiap hari.

Coba dengan baking soda
Bila larutan air garam dan beberapa cara alami yang telah Anda lakukan tidak juga membuahkan hasil yang memuaskan, Anda bisa beralih sebentar pada baking soda. Campurkan lah baking soda dengan sedikit air hingga berubah sedikit mengental atau menjadi pasta, gunakan pasta baking soda sebagai pasta gigi, khususnya untuk mengobati sariawan dan mengurangi rasa sakitnya. Atau lakukan dengan cara lain, yakni dengan berkumur menggunakan larutan baking soda. Baking soda berkhasiat untuk menghilangkan semua bakteri dan kuman yang ada di mulut serta meringankan rasa sakit akibat sariawan.

Cara mengobati sariawan secara alami dengan cepat tanpa obat-obatan kimia berbahaya telah Anda simak di atas, semoga sariawan yang sedang Anda alami saat ini bisa lekas sembuh dan Anda bisa beraktivitas dengan baik seperti sediakala, rasa tidak nyaman yang kerapkali disebabkan karena rasa sakit sariawan pun menghilang, Anda jadi enak makan, nyaman untuk berbicara dan nyenyak untuk tidur.

To top