Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Cara Memulai Bisnis Yang Baik

Cara Memulai Bisnis – Sudah bosan dimarahi bos dan jenuh dengan rutinitas bekerja, kini saatnya untuk memulai usaha atau bisnis sendiri. Namun, anda jangan gegabah dalam merintis suatu usaha atau bisnis, karena jika anda memulai bisnis tanpa cara yang benar maka bisa jadi bisnis anda cepat jatuh.

Sama seperti sekolah, untuk mencapai tingkat atau kelas berikutnya kita harus belajar terlebih dahulu kemudian mengikuti ujian untuk kenaikan kelas, begitu juga dengan berbisnis, dalam memulai bisnis setidaknya anda belajar terlebih dahulu tentang seluk beluk bisnis yang akan anda jalani. Segala resiko dan halangan pasti menghadang, namun anggaplah itu semua sebagai ujian dalam menjalankan bisnis.

Berikut ini beberapa cara memulai bisnis untuk anda yang masih pemula, sehingga bisnis anda tidak salah arah dan mampu berkembang dengan cepat.

Cara Memulai Bisnis

Jalankan Bisnis Sesuai Hobi Anda
Menjalankan bisnis sebaiknya sesuai dengan hobi atau kegemaran anda, karena jika anda menjalani sesuatu yang anda sukai pasti tidak akan terasa lelah atau malas. Misalkan anda hobi mengotak-ngatik komputer, kemudian anda membuka usaha service komputer. Karena bisnis anda sesuai dengan hobi anda maka akan terasa ringan dan mudah saat dijalani.

Segera Jalani
Bisnis dimulai jika ada tindakan. Segera jalani bisnis anda jangan hanya dipikirkan saja, karena jika terlalu lama ditunda bisa timbul rasa malas pada diri anda yang akhirnya bisnis anda tidak dijalani sama sekali alias mati ditempat.

Lokasi yang Strategis
Untuk memulai sebuah bisnis anda harus mendapatkan lokasi yang bagus dan strategis. Karena apapun produk anda akan sulit terjual jika anda tidak mendapatkan lokasi yang strategis. Biasanya, untuk lokasi yang strategis berada di tikungan jalan raya atau cara mudahnya anda bisa mencari lokasi disekitar indomart dan alfamart, karena kedua supermarket tersebut sebelum membuka cabang pasti mencari lokasi yang tepat dan melakukan survey terlebih dahulu.

Menentukan Harga Jual
Keuntungan dan kerugian bisa dihitung dari harga jual pada produk anda, maka dari itu tentukan harga jual yang sesuai dengan pasar, harga produk anda jangan terlalu murah tapi juga jangan terlalu mahal. Jika harga anda sesuai dengan pasar dan pas dikantong masyarakat maka akan banyak pembeli yang datang.

Mempromosikan Bisnis Anda
Jika harga sudah dibuat, sekarang waktunya mempromosikan usaha anda. Banyak cara untuk mempromosikan usaha anda seperti promosi di social media, dengan menyebar brosur ataupun dengan memasang spanduk atau banner.
Anda juga bisa ajak teman-teman anda untuk datang ke tempat usaha atau membuka bisnis anda, kemudian berikan mereka produk anda dengan diskon yang besar, namun beri batas waktu untuk diskon tersebut.

Membuat Pembukuan Keuangan
Satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis adalah pembukuan keuangan. Jangan sampai keuangan bisnis anda dicampur dengan keuangan pribadi anda, karena nantinya modal yang anda keluarkan tidak berputar sama sekali karena sudah tercampur dengan pengeluaran pribadi anda.
Maka dari itu, anda harus pintar dalama membuat pembukuan keuangan. Untuk tahap awal pembukuan keuangan tidak perlu yang terlalu sulit, tapi buatlah yang sederhana saja. Cukup anda buat harga jual, pengeluaran, pemasukan, uang kas, laba/profit, dan rugi.

Membuat Sistem
Jika semua tahapan sudah dilakukan maka tahap terakhir adalah membuat sistem untuk sukses. Jika anda melihat waralaba bisnis besar seperti Mc Donald yang mempunyai sistem yang sangat luar biasa. Apakah pemilik Mc Donald melakukan semuanya sendirian? Memasak sendiri? Melayani custamar sendiri? Menjadi kasir sendiri? Tentu tidak, karena Mc Donald sudah memiliki sistem bisnis yang sangat bagus.

Begitu juga dengan usaha anda, buatlah sistem bisnis yang bagus dan kuat. Sehingga, bisnis anda tetap berjalan walaupun tanpa kehadiran anda nantinya. Anda bisa melihat atau mengadopsi sistem dari bisnis yang lainnya kemudian anda terapkan pada bisnis anda. Semua tahapan diatas pasti membutuhkan proses, maka dari itu nikmatilah setiap prosesnya. Semoga artikel “Cara memulai bisnis untuk pemula” dapat bermanfaat untuk anda.


Comments are closed.