Kesehatan

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Menghilangkan Bekas Luka – Bila memiliki kulit wajah dan kulit tubuh berjerawat saja sudah membuat wanita kalang kabut, memiliki bekas luka merupakan hal yang lebih gawat lagi, karena faktanya memiliki bekas luka, entah itu luka bakar, luka menahun yang diakibatkan karena kecerobohan masa kecil atau pun bekas luka akibat jerawat lebih sukar untuk diobati.

Untuk menghindari efek negatif dari pemakaian bahan kimia yang bisa saja justru memperparah kondisi kulit Anda, alangkah bijaksananya bila Anda mau berkenan untuk mengobati bekas luka dengan menggunakan obat herbal yang alami dan lebih tradisional, seperti di bawah ini:

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Lidah buaya
Bila bekas luka Anda masih tergolong pada bekas luka ringan, Anda bisa menghilangkannya dengan mudah menggunakan gel alami dari lidah buaya. Gel lidah buaya dinilai ampuh untuk mencegah terbentuknya bekas luka permanen yang disebabkan karena luka bakar. Oleskan gel lidah buaya sebanyak apa pun yang Anda kehendaki di daerah kulit yang terdapat bekas luka. Biarkan saja selama 10 menit atau lebih, baru bersihkan.

Teh hijau
Hilangkan bekas luka dengan antioksidan alami yang dihasilkan oleh teh hijau. Seduh teh hijau dengan air, tunggu hingga mendidih dan air rebusan teh hijau dingin. Sementara menunggu air teh hijau dingin, Anda bisa menyiapkan kapas bersih yang nantinya akan Anda gunakan untuk menyeka bekas luka. Basahi kapas bersih dengan menggunakan air rebusan teh hijau yang telah dingin, setelah itu usapkan kapas tersebut pada bekas luka. Cara ini akan menghilangkan bekas luka Anda dengan baik dan lebih cepat.

Madu
Cara menghilangkan bekas luka secara alami juga bisa dilakukan menggunakan khasiat madu. Bekas luka jerawat menjadi satu dari beberapa jenis bekas luka yang dianggap bisa disembuhkan dengan memakai madu murni. Caranya sangat mudah, ambil sedikit madu murni dengan menggunakan jari tangan Anda yang telah dicuci bersih, oleskan secara merata pada seluruh permukaan kulit yang ditinggalkan oleh bekas luka.

Daun mint
Beberapa lembar daun mint ternyata sangat berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka dan menyamarkan bekas luka dengan sangat baik. Daun mint dengan segala senyawa alaminya sangat bermanfaat bagi Anda yang tengah mencoba mencari alternatif lain untuk mengobati bekas luka dibandingkan dengan memakai obat kimia. Haluskan beberapa lembar daun mint yang segar, setalah itu balutlah bekas luka Anda dengan menggunakan halusan daun mint menggunakan kain putih yang telah dibersihkan sebelumnya.

Minyak zaitun
Siapa sangka bila minyak yang biasa digunakan untuk memasak dan memijat, ternyata cukup berkhasiat untuk membantu menghilangkan bekas luka.  Cukup oleskan minyak zaitun murni yang Anda miliki pada bekas luka, lakukan secara rutin hingga bekas luka menjadi lebih halus dan hilang dengan sekejap mata. Minyak zaitun tidak akan pernah memberikan efek negatif pada Anda, kecuali bila minyak zaitun yang Anda gunakan sudah kadaluwarsa dan tidak benar-benar alami, oleh karena itu sebelum mengaplikasikan minyak zaitun pada bekas luka pastikan terlebih dahulu jika minyak zaitun tersebut asli dan aman.

Cara menghilangkan bekas luka secara alami yang telah Anda simak di atas akan menjadi panduan yang cukup membantu bila Anda memang sedang berencana untuk mengobati dan menghilangkan bekas luka, entah yang ringan maupun yang cukup parah, karena bagaimana pun juga lebih baik mencoba daripada tidak melakukan sama sekali. Semoga Anda bisa mengatasi bekas luka dengan baik dan cepat dengan menggunakan salah satu bahan alami yang telah direkomendasikan di atas.

To top