Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru, Mana yang Lebih Baik?

Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru, Mana yang Lebih Baik? Kredit mobil menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memiliki kendaraan roda empat namun dananya pas-pasan. Tak dipungkiri mobil telah masuk ke dalam daftar kebutuhan sebagian orang sebagai pemenuhan gaya hidup dan demi kenyamanan berkendara. Terutama bagi masyarakat di kota besar, memiliki mobil merupakan satu hal biasa, bahkan telah berubah status sebagai kebutuhan dasar. Dengan kredit, seseorang bisa memiliki sebuah mobil tanpa uang tunai ratusan juta rupiah. Apalagi kini anda bisa melakukan simulasi kredit terlebih dahulu yang banyak tersedia di situs online. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai pertimbangan kredit mobil bekas ataukah mobil baru.

Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru, Mana yang lebih bagus?

Pemilihan mobil
Dalam menentukan kredit mobil, sebagian besar masyarakat masih mengalami kebingungan dalam memilih mobil baru atau bekas. Terlebih lagi jika dana yang dimiliki begitu kecil. Bagi beberapa orang, memiliki mobil baru tetaplah yang terbaik. Namun tidak ada salahnya jika anda memilih mobil bekas dengan catatan mengetahui sejarah perawatan dari pemilik sebelumnya. Apabila anda tidak begitu piawai perihal otomotif dan takut terkena penipuan, ajaklah saudara atau teman yang memahami seluk beluk mobil dengan baik. Setelah mendapat mobil impian, anda baru mencari pihak leasing yang meringankan pembiayaan mobil anda.

Pro-kontra mobil baru dan mobil bekas
Masih bingung menjatuhkan pilihan? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kelemahan dari sebuah mobil bekas.

Kelebihan
– Fleksibel di kantong
Dengan dana yang dimiliki, anda bisa memilih jenis mobil yang anda miliki, termasuk memilih pemilik mobil sebelumnya. Biasanya pemilik mobil dari kalangan atas akan merawat mobilnya dengan sangat baik, tentu situasi ini akan menguntungkan anda karena mendapat barang bagus.

– Fitur modifikasi mobil
Beberapa mobil bekas memiliki fitur lebih menarik jika dibandingkan mobil baru. anda akan mendapat dua keuntungan sekaligus, yaitu mobil dengan segala kelengkapannya tanpa harus memodifikasi ulang. Biasanya berupa sound & body kit (seperti interior, aksesori, velg dan audio)

– Depresiasi yang rendah
Mobil bekas memiliki penurunan harga atau depresiasi yang rendah daripada mobil baru. Jadi, jika anda berniat menjualnya kerugian yang didapat tidaklah seberapa.

 

Kelemahan
– Biaya perawatan
Khusus untuk mobil berumur seperti lebih dari 10 tahun sebelumnya, anda harus mempersiapkan dana cadangan untuk perawatan mobil. Misalnya ganti spare part dan servis bulanan.

– Kurang mengetahui riwayat mobil
Bagi anda yang kurang memahami seluk beluk otomotif, membeli mobil bekas adalah sesuatu yang menakutkan. Apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan dan mengalami kerusakan mesin serius, anda tidak pernah tahu.

Sementara mobil baru, pastinya anda akan lebih nyaman dalam hal perawatan dan riwayat mobil. Karena masih baru, jadi andalah pemilik pertama. Selain itu, anda akan bernafas lega dengan adanya garansi minimal selama 3 tahun. Seiring dengan kelebihan dari sebuah mobil baru, anda juga harus siap menerima konsekuensi terburuk darinya berupa nilai depresiasi tinggi.

Sebagai simulasi, anda ingin membeli mobil Avanza tipe 1.3 E VVT-I M/T tahun 2010. Harga yang ditawarkan adalah Rp 115.000.000. Dengan DP sebesar 25%, anda harus menyiapkan dana Rp 28.750.000. Apabila anda berniat mengambilnya dalam kurun waktu 4 tahun, besar angsuran setiap bulannya bisa sebesar Rp 2.975.000.

Jika anda berniat membeli mobil baru, kredit mobil Toyota bisa menjadi pilihan terbaik anda. Model mobil yang sesuai gaya hidup dan mesin optimal, Toyota menawarkan kemudahan dalam pembiayaan mobil anda.

loading...

Comments are closed.