Kesehatan

Cara Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Cara Menyembuhkan Penyakit Ginjal merupakan salah satu organ penting tubuh dalam proses ekskresi. Ginjal terdapat pada bagian bawah perut di kiri dan kanan dan berukuran kecil. Apabila kerja ginjal terganggu maka sistem ekskresi tidak akan berjalan dengan lancar. Gangguan yang biasa dialami oleh organ ginjal yakni batu ginjal.

Batu ginjal adalah endapan yang terdapat di dalam ginjal, berbentuk seperti batu atau kristal. Batu ginjal ini akan menghambat saluran ginjal, saluran kemih dan kandung kemih. Selain itu, batu ginjal ini dapat menyebabkan nyeri, perdarahan dan infeksi. Batu ginjal dapat berupa kalsium, fosfat atau asam urat.

Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Penyebab munculnya batu ginjal diantaranya sebagai berikut:
a. Sering menahan buang air kecil yang lama. Hal ini dapat menyebabkan kadar garam dalam urin menjadi pekat dan mengendap menjadi batu.
b. Sedikit dalam mengkonsumsi air putih.
c. Kelebihan vitamin D
d. Kelebihan kadar asam urat, oleh sebab itu orang yang mengalami sakit asam urat biasanya bermasalah dengan ginjal juga.
e. Kelebihan konsumsi kalsium.

1. Cara alami untuk mengatasi batu ginjal, kita dapat menggunakan sarang semut. Sarang semut mengandung antioksidan tinggi dan mineral yang seimbang. Cara kerja sarang semut adalah melarutkan komponen pembentuk batu ginjal lalu mengeluarkannya bersama urin. Flavonoid yang terkandung dalam sarang semut bekerja menghambat kerja enzim xanthine oxidase yang membentuk asam urat. Flavonoid juga mengikat kalsium yang membentuk batu ginjal lalu membentuk senyawa komplek yang mudah larut, dalam prosesnya flavonoid dibantu oleh magnesium.

Magnesium membantu metabolisme kalsium dalam tubuh dan mencegah kalsium tidak diserap oleh tubuh sehingga tidak menggumpal dan mengendap di ginjal. Natrium dan kalium dalam sarang semut dapat mengikat asam urat lalu  membentuk senyawa garam yang larut dalam air. kalium juga berperan dalam memperlancar pembuangan air seni.

2. Selain menggunakan sarang semut, kita juga dapat menggunakan madu alami untuk mengatasi penyakit ginjal. Madu mengandung fruktosa, minyak uap dan zat organik lainnya dapat menyembuhkan ginjal dari berbagai gangguan. Apabila terjadi peradangan oleh mikroba pada ginjal maka madu dapat membantu mengatasinya. Oleh sebab itu, konsumsi madu secara rutin baik secara langsung ataupun diseduh dnegan air hangat.

3. Mengkonsumsi banyak air putih dapat membantu meluruhkan batu ginjal yang masih kecil. Paling tidak sehari minimal mengkonsumsi 8 gelas air putih. Konsumsi air putih yang baik yaitu setelah bangun tidur, setelah mandi ataupun buang air, setelah makan, dan sebelum tidur.

4. Mengkonsumsi Melon dan semangka juga dapat membantu mengatasi batu ginjal. Buah-buah segar ini dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat jus.

5. Mengkonsumsi ramuan campuran minyak zaitun dengan madu.

6. Olahraga yang teratur tetap menjadi bagian dari hidup sehat. Penderita penyakit ginjal juga sebaiknya menghindari gula, makanan cepat saji dan makanan olahan, alkohol, soda, kafein dan protein hewani.

7. Mengurangi mengkonsumsi kacang-kacangan, coklat, blueberry dan bit. tujuannya agar konsumsi asam oksalat penyebab batu ginjal dapat dikurangi.

To top